Penjelasan Satgas Covid-19 Anak di Bawah 12 Tahun Bisa Masuk Mal

Penjelasan Satgas Covid-19 Anak di Bawah 12 Tahun Bisa Masuk Mal
Mall Kota Kasablanka. ©Liputan6.com/Ayu Lestari
NEWS | 21 September 2021 18:52 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Pemerintah melakukan relaksasi aturan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis level. Salah satu aturan yang direlaksasi adalah anak di bawah 12 tahun bisa mengunjungi mal.

Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan relaksasi aturan dalam PPKM tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian.

"Perubahan peraturan dalam PPKM baik dalam pembukan sektor maupun penyelenggaraan aktivitas besar di masyarakat adalah bentuk pelonggaran dengan penuh kehati-hatian menuju masyarakat yang produktif namun tetap aman Covid-19," jelasnya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Selasa (21/9).

Meski pemerintah sudah mengizinkan anak di bawah 12 tahun mengunjungi mal, Wiku mengimbau masyarakat tetap berada di rumah. Dia meminta masyarakat tidak melakukan aktivitas di luar rumah jika tak terlalu mendesak.

"Meskipun anak usia di bawah 12 tahun sudah diperbolehkan masuk. Saya imbau jika tidak terlalu mendesak maka anak lebih baik tetap tinggal di rumah saja," ujarnya.

Namun, jika terpaksa harus masuk mal karena kondisi tertentu maka orang tua wajib memastikan anak menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker.

"Mohon kepada orang tua sebagai pendamping untuk tetap berhati-hati dengan menjamin protokol kesehatan diterapkan dengan baik selama beraktivitas di dalam pusat perbelanjaan," pesannya.

Mantan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia (UI) ini juga meminta Satgas di fasilitas publik untuk terus memantau penerapan protokol kesehatan. Jika menemukan pengunjung fasilitas publik melanggar protokol kesehatan, maka Satgas harus menindak tegas.

"Satgas di fasilitas publik melakukan upaya penegakkan dengan baik," tandasnya. (mdk/ray)

Baca juga:
PPKM Diperpanjang Hingga 4 Oktober, Syarat Perjalanan Domestik Tak Berubah
Kasus Covid-19 Turun Drastis, Palembang Berstatus PPKM Level 2
Tingkat Kunjungan Mal Naik 10 Persen Saat Anak di Bawah 12 Tahun Dibolehkan Masuk
Kota Balikpapan dan Kukar Bertahan di PPKM Level 4, Kota Samarinda Turun ke Level 2
Kondisi Mal Dipastikan Aman untuk Pengunjung di Bawah 12 Tahun

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami