Penularan Corona di Sumsel Naik Terus, Warga Diminta Patuh Protokol Kesehatan

Penularan Corona di Sumsel Naik Terus, Warga Diminta Patuh Protokol Kesehatan
PERISTIWA | 3 Juli 2020 19:34 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Jumlah kasus positif Covid-19 di Sumatera Selatan tak kunjung berhenti. Justru semakin hari angkanya terus meningkat yang kini telah berjumlah 2.156 pasien.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumsel Yusri mengungkapkan, terdapat tambahan 36 pasien corona pada hari ini atau meningkat dari hari sebelumnya yang berjumlah 32 kasus. Sebaran tambahan itu yakni di Palembang sebanyak 27 orang, Banyuasin 5 orang, Musi Banyuasin 2 orang, serta Ogan Komering Ilir dan Lubuklinggau masing-masing 1 orang.

Sementara kasus sembuh berjumlah 25 orang atau mengalami penurunan dibanding kemarin di angka 37 orang. Sedangkan kasus kematian bertambah tiga orang yang semuanya berasal dari Palembang yang kini berjumlah 104 orang di Sumsel.

"Hari ini ada tambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 36 kasus, yang sembuh mendapatkan penambahan 25 orang. Kasus sembuh totalnya 1.113 orang," ungkap Yusri, Jumat (3/7).

Seiring kian bertambahnya kasus positif dia mengingatkan masyarakat untuk hidup normal sesuai tatanan baru mengikuti protokol kesehatan. Seluruh aktivitas harus menyesuaikan kebiasaan baru, termasuk menggunakan fasilitas umum sebelum adanya pandemi.

"Kita sebelumnya pergi ke mal, naik dan pegangan tangga atau eskalator. Benda-benda tersebut merupakan sumber penularan bersama, apabila sebelumnya digunakan orang yang sudah mengandung virus, mulai sekarang tinggalkan kebiasaan itu," imbaunya.

Selagi obat dan vaksin belum ditemukan, kata dia, semua pihak mestinya menahan diri dan bersabar dalam menghadapi pandemi. Setiap individu berkewajiban menjaga diri dan keluarganya masing-masing agar tak terjangkit virus itu.

"Mari kita dengan komitmen kita bersatu padu, kita bantu diri kita, dengan demikian kita membantu keluarga masyarakat dan negara," tutupnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Ratusan Tenaga Kesehatan di Solo Bakal Terima Insentif
Dinkes Jateng Ungkap ASN Pemprov Terpapar Covid-19 dari Klaster Panti Jompo Rembang
Tak Semua Pasien Dirawat, Kapasitas RS Dipakai Baru 55,5 Persen
Surabaya Jadi Zona Hitam, Pertamina EP Lakukan MWT Virtual di Poleng Field
Hasil Tes Usap 45 Tenaga Medis di Madani Pekanbaru Negatif Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami