Penularan Virus Corona Paling Banyak Melalui Tangan

Penularan Virus Corona Paling Banyak Melalui Tangan
PERISTIWA | 28 Maret 2020 18:46 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Juru bicara pemerintah penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, mengungkapkan, penularan virus corona paling banyak terjadi melalui perantara tangan. Dia meminta masyarakat selalu mencuci tangan sebelum melakukan apa pun.

"Di samping menjaga jarak dalam kaitan interaksi sosial, yakni mencuci tangan dengan menggunakan sabun sebelum makan, sebelum minum, sebelum menyentuh mulut, sebelum menyentuh hidung, sebelum menyentuh mata," kata pria akrab disapa Yuri itu saat konpers di BNPB, Jakarta, Sabtu (28/3).

"Karena data menunjukkan penularan yang paling banyak justru karena perantara tangan," tambahnya.

Yuri menegaskan, cuci tangan menggunakan air dan sabun lebih efektif untuk mencegah virus corona ketimbang memakai hand sanitizer. Dia minta masyarakat tidak ada alasan untuk tidak mencuci tangan.

"Ini yang menjadi penting, mencuci tangan dengan sabun, sehingga tidak ada alasan bahwa harus menggunakan hand sanitizer. Tidak. Dengan sabun sudah sangat efektif pada air yang mengalir. Ini yang diharapkan bisa dilakukan," ujar Yuri.

Selain itu, Yuri juga meminta masyarakat jaga jarak dan tetap berada di rumah selama pandemi corona. Dia minta masyarakat beraktivitas dari rumah.

"Oleh karena itu, mari bersama-sama kita tetap di rumah, produktif di rumah, bisa bekerja dari rumah, belajar di rumah beribadah di rumah," tandas Yuri. (mdk/rhm)

Baca juga:
Terima 14.400 Alat Rapid Test, Pemda DIY Prioritaskan untuk Tenaga Medis
Kebijakan Belajar dari Rumah Siswa di Jabar Diperpanjang hingga 13 April
Warga Cilacap Meninggal Dunia Positif Covid-19
RSUP Sanglah Uji Laboratorium Covid-19 secara Mandiri
Pasien Positif Covid-19 di Sumut Bertambah Jadi 14, 2 Meninggal Dunia
ODP Covid-19 di Banda Aceh Menyebar di Semua Kecamatan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami