Penumpang Melahirkan Bayi Laki-laki di Atas Kapal Laut

PERISTIWA » BANYUWANGI | 9 Desember 2019 18:03 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Suryaningsih (38), warga Surabaya, Jawa Timur, berhasil melahirkan bayi laki-laki dengan selamat di atas kapal yang membawanya dari Bali ke Banyuwangi.

KMP Jambo VI membawa penumpang dari dermaga Gilimanuk menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Baru lima menit berlayar meninggalkan dermaga Gilimanuk, suasana di atas kapal mendadak heboh dan diliputi kepanikan.

Seorang penumpang, Suryaningsih (38), mengeluh sakit perut. Rupanya, penumpang yang kondisi hamil tua hendak melahirkan.

Sejumlah penumpang lain dan Anak Buah Kapal (ABK) berusaha memberikan pertolongan. Hingga wanita tersebut berhasil melahirkan bayi laki-laki dengan kondisi selamat. Berat bayi laki-laki tersebut sekitar 3 kg dengan panjang 50 cm. Kondisi ibunya juga dikabarkan baik-baik saja.

Demi memastikan kondisi bayi dan ibunya dalam keadaan sehat serta bisa mendapat perawatan lebih baik, nakhoda kapal memutuskan kembali ke dermaga Gilimanuk. Setelah berkoordinasi dengan pihak otoritas pelabuhan, Suryaningsih bersama bayinya dibawa ke Puskesmas Gilimanuk dengan menggunakan ambulance.

"Ya tadi pagi ada penumpang KMP Jambo VI melahirkan diatas kapal saat baru berlayar dari dermaga Gilimanuk menuju Ketapang," kata Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk AKP Gusti Nyoman Sudarsana, Senin (9/12).

Sudarsana juga menerangkan, penumpang atas nama Suryaningsih melahirkan di atas kapal sekitar pukul 07.30 Wita.

"Saat ini ibu dan bayinya sudah mendapatkan perawatan di Puskesmas Gilimanuk keduanya dalam keadaan sehat," tutup Sudarsana.

Edi Prayitno (38), suami Suryaningsih yang tinggal di Banjar Dukuh Dauh Peken, Kabupaten Tabanan, Bali, menjelaskan, istrinya itu sebenarnya berangkat dari Tabanan naik truk dengan tujuan Banyuwangi. Sampai di pelabuhan Gilimanuk, kemudian naik kapal ditemani sopir truk dan anak ketiganya. Hingga akhirnya istrinya tersebut melahirkan di atas kapal.

Mendengar kabar kalau istrinya melahirkan di atas kapal dan telah mendapatkan perawatan di Puskesmas Gilimanuk, Edi Prayitno yang berbisnis jual beli cabai memutuskan untuk menyusul ke Puskesmas Gilimanuk. Dalam kesempatan tersebut dia juga menyampaikan terimakasih kepada petugas kapal dan petugas Puskesmas yang telah cepat memberikan pertolongan kepada istri dan bayinya sehingga selamat dan sehat. (mdk/noe)

Baca juga:
Kenali 3 Gangguan Psikologis Pasca Melahirkan
Ibu Aman di Tangan Bidan
Wanita di Palembang Lahirkan 4 Bayi Kembar, 2 Putra dan 2 Putri
Ibu Hamil di Lebak Ditandu Akibat Jalan Rusak, Begini Jawaban Bupati
Terpaksa Melahirkan di Malaysia, TKI asal Sumut Berharap Bantuan Pemerintah
Kelelahan yang Dialami oleh Ibu Hamil Bisa Picu Persalinan Lebih Cepat

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.