Penyebab kecelakaan pesawat di Banyuwangi diduga pilot grogi

Penyebab kecelakaan pesawat di Banyuwangi diduga pilot grogi
PERISTIWA » BANYUWANGI | 16 Januari 2017 17:25 Reporter : Moch. Andriansyah

Merdeka.com - ā€ˇPilot pesawat latih milik Mandiri Utama Flight Academy (MUFA), Regina Marthalia yang mengalami crash landing di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (16/1) sekitar pukul 10.45 WIB, sudah dirawat di rumah sakit setempat.

Regina merupakan siswi sekolah penerbangan di Bumi Blambangan. Ini merupakan kali pertama dia mengemudikan pesawat. Sehingga, diduga dia grogi ketika mengemudikan pesawat jenis Cessna 172 S. Terlebih lagi, dia tidak ditemani instrukturnya.

Tak urung, pesawat MUFA yang dikemudikan Regina, crash landing dan terbakar di ujung landasan pacu Bandara Blimbingsari. Beruntung tak ada korban jiwa dalam insiden itu. Regina sendiri mengalami luka-luka dan dievakuasi ke rumah sakit setempat.

"Itu adalah penerbangannya yang pertama. Kebetulan dia sendirian, tidak ditemani pelatih. Jadi mungkin karena grogi waktu landing. Korban sendiri sudah dievakuasi dan dirawat di rumah sakit," terang Kepala Bandara Blimbingsari, Dodi Dharma Cahyadi.

Dharma mengaku belum bisa memastikan penyebab kecelakaan tersebut. Namun pihak bandara sudah melapor ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), agar dilakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebabnya.

"Besok pagi tim dari KNKT akan datang ke Banyuwangi untuk penyelidikan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pesawat latih MUFA dikabarkan mendarat darurat di Bandara Blimbingsari dan terbakar. Satu unit mobil PMK didatangkan untuk melakukan pemadaman. "Pesawatnya terbakar, tapi siswanya selamat," kata Humas MUFA, Indra. (mdk/cob)

Baca juga:

Crash landing, Pesawat MUFA terbakar di Banyuwangi

Kecelakaan Pesawat Ceesna, Bandara Blimbingsari sempat ditutup

Pesawat kargo Turki jatuh di permukiman, 20 tewas termasuk anak-anak

Kondisi mengenaskan pesawat kargo Turki usai jatuh ke permukiman

Pesawat kargo gagal mendarat akibat kabut tebal sebelum jatuh

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami