Penyelidikan Awal, Polisi Sebut Sunda Empire-Earth Empire Sebatas Organisasi

PERISTIWA | 17 Januari 2020 17:32 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema mengerakkan jajaran mencari tahu Sunda Empire-Earth Empire. Perkumpulan yang mengklaim dirinya sebagai kekaisaran bumi dan matahari ini disebut-sebut berada di Bandung, Jawa Barat.

Sejauh ini, informasi yang diperoleh, Sunda Empire-Earth Empire merupakan sebuah organisasi.

"Penyelidikan awal kami kabar yang viral itu baru terindentifikasi sebatas organisasi," kata dia saat dihubungi, Jumat (17/1).

Irman menjelaskan, pihaknya pertama kali mengetahui Empire-Earth Empire dari media sosial. "Kami melakukan penyelidikan awal untuk mencari keberadaannya di mana, kegiatannya apa," ujar dia.

Irman menerangkan, pihaknya menemukan sebuah hotel tempat di mana anggota dari Sunda Empire-Earth Empire melakukan kegiatan. Yaitu Isola Resort, Kompleks Universitas Pendidikan Indonesia - FPBS, Jalan Dr Setiabudi No.229, Isola, Sukasari, Bandung City.

"Ada kegiatan itu sifatnya pertemuan pertemuan yang dipimpin ada saudara Eka Nasri dan Arief," ujar dia.

Sementara itu, menurut keterangan awal dari resepsionis hotel pertemuan yang beredar kemarin hanya sebatas acara biasa yang diikuti sekira 100 orang. "Kami masih dalami terus," ucap dia.

1 dari 1 halaman

Viral di Facebook

Kabar kemunculan Sunda Empire-Earth Empire ini viral setelah diunggah akun Facebook bernama Renny Khairani Miller.

Akun Renny Khairani Miller mengunggah adanya Sunda Empire-Earth Empire pada 9 Juli 2019 lalu. Melalui tangkapan layar yang viral, terlihat beberapa orang yang menggunakan pakaian mirip seragam militer.

"SUNDA EMPIRE-EARTH EMPIRE, Dalam menyambut Indonesia baru yg lebih makmur dan sejahtera, dgn system pemerintahan dunia yg dikendalikan di koordinat 0.0 di Bandung sebagai Mercusuar Dunia. Masa pemerintahan Dunia yg sekarang akan segera berakhir sampai dng tgl 15 Agustus 2020. Mari kita persiapkan diri kita utk menyongsong kehidupan yg lebih baik dan sejahtera. Agar kita tdk menjadi budak di negara sendiri dan hidup hanya untuk membayar tagihan yg terus naik dan biaya hidup yg terus melambung tinggi apalagi biaya pendidikan anak yg tdk gratis, setelah itu kita tua dan mati, terus pikniknya kapan???....." tulis Renny Khairani Miller.

Melalui beberapa foto yang diunggah, terlihat sekumpulan orang yang seperti sedang melakukan pertemuan. Mereka kompak mengenakan pakaian mirip militer.

Namun setelah Liputan6.com mencoba menelusuri melalui akun Facebook Renny Khairani Miller, unggahan soal Sunda Empire-Earth Empire sudah tidak ada lagi. (mdk/eko)

Baca juga:
Polisi Telusuri Keberadaan Kerajaan Sunda Empire-Earth Empire di Jabar
Montir Lulusan SD di Sulawesi Sukses Rakit Pesawat dari Barang Bekas
Wajah Ibu Ini 'Diulek' Pakai Cabai di Pasar
Tak Disangka, Marsha Aruan Tidak Tahu Cara Makan Ikan Asin
Gaya Santai Emak-emak Parkir di Tengah Jalan Ini Bikin Tepuk Jidat

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.