Penyidik KPK Periksa Sejumlah Mantan dan Anggota DPRD Polewali Mandar

Penyidik KPK Periksa Sejumlah Mantan dan Anggota DPRD Polewali Mandar
PERISTIWA | 17 November 2020 16:20 Reporter : Ahmad Udin

Merdeka.com - Puluhan mantan dan anggota aktif DPRD periode 2014-2019 Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), diperiksa Komisi pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (17/11). Pemeriksaan di aula Mapolres Polman, diduga terkait soal klarifikasi pembahasan anggaran tahun 2016-2017 di sana.

Informasi yang diterima merdeka.com, pemeriksaan dimulai sejak pukul 08.30 WITA hingga sore. Ada 11 mantan anggota DPRD periode 2014-2019 bersama beberapa anggota DPRD yang masih aktif diperiksa bergantian.

Pemeriksaan berlangsung secara tertutup dan dijaga ketat personel Polres Polman. Beberapa wartawan hanya mengambil gambar dari luar gedung.

Salah seorang mantan anggota DPRD periode 2014-2019 dari Partai Demokrat, Juanda membenarkan adanya pemeriksaan yang dilakukan oleh KPK.

"Ia benar hari ini saya memenuhi panggilan KPK di aula Polres Polman bersama beberapa mantan anggota DPRD Polman lainnya," kata Juanda.

Dia enggan membeberkan detail pertanyaan yang diajukan KPK dan meminta wartawan untuk melakukan konfirmasi langsung kepada penyidik KPK.

"Saya dipanggil penyidik KPK untuk mengklarifikasi pembahasan anggaran tahun 2016-2017," ucapnya.

Terpisah, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan bahwa sejak hari Senin kemarin penyidik berada di Polman.

"Benar mulai hari Senin, 16 November 2020, penyidik KPK ada permintaan keterangan terhadap beberapa anggota DPRD di Kabupaten Polewali Mandar. Dan hal ini dilakukan terkait kegiatan penyelidikan," tutur Fikri.

Menurut Ali Fikri, jika dalam penyelidikan ditemukan adanya indikasi pidana, maka KPK akan meningkatkan status menjadi penyidikan.

"Jika kemudian setelah adanya permintaan keterangan tersebut ada indikasi peristiwa pidana, maka KPK akan meningkatkan pada proses penyidikan," pungkas Fikri. (mdk/cob)

Baca juga:
Wali Kota Dumai Zulkifli Diperiksa KPK Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Suap DAK
Kesaksian Mahasiswa Unnes Laporkan Rektor ke KPK Terkait Dugaan Korupsi
Laporkan Rektor ke KPK, Mahasiswa Unnes Malah Dipulangkan ke Orangtua
KPK Dalami Pelat Nomor Mobil Dinas Pejabat KemenPAN Dipakai Penyuap Nurhadi
Kasus Bupati Indramayu, KPK Tetapkan Eks Anggota DPRD Jabar Jadi Tersangka
Marzuki Alie Ditanya KPK Soal Pinjaman Uang Rp6 Miliar ke Tersangka Suap Perkara MA

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami