Per 21 November, Total 6.676 Orang Warga Aceh Sembuh dari Covid-19

Per 21 November, Total 6.676 Orang Warga Aceh Sembuh dari Covid-19
PERISTIWA | 21 November 2020 22:06 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Aceh melaporkan adanya penambahan 17 orang warga Tanah Rencong yang terinfeksi virus corona sembuh per hari ini (Sabtu, 21/11), sehingga total mencapai 6.676 orang.

"Penderita COVID-19 di Aceh yang sembuh bertambah lagi sebanyak 17 orang, sedangkan konfirmasi kasus baru bertambah 42 orang," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Sabtu (21/11).

Ia mengatakan penambahan belasan warga yang sembuh itu berasal dari Aceh Tamiang 11 orang, Aceh Singkil tiga orang, Pidie Jaya dua orang, dan satu orang lainnya warga Langsa.

Sedangkan puluhan konfirmasi kasus baru meliputi warga Banda Aceh dan Aceh Singkil masing-masing 11 orang, Aceh Besar dan Aceh masing-masing empat orang, Nagan Raya dua orang, masing-masing satu orang dari Aceh Tenggara, Aceh Barat, Bireuen, Aceh Jaya, Aceh Tamiang, Bener Meriah, Pidie Jaya, Sabang, Langsa, dan luar daerah Aceh.

"Tidak ada penderita COVID-19 yang dilaporkan meninggal dunia hari ini," kata jubir yang akrab disapa SAG itu.

Secara akumulatif, kasus COVID-19 di Aceh telah mencapai 8.106 orang, 6.676 orang diantaranya telah sembuh, 301 orang meninggal dunia dan 1.129 orang masih dirawat di rumah sakit rujukan atau isolasi mandiri.

Menurut SAG, penderita yang masih dirawat tersebut umumnya orang tanpa gejala (OTG) yang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Selain itu, tambah dia, Aceh juga sudah mempersiapkan 92 tempat tidur di ruang Intensive Unit Care (ICU) bagi penderita COVID-19, gejala berat dan 635 tempat tidur di ruang isolasi penderita ringan yang tersebar di seluruh kabupaten/kota.

"Namun, yang terpakai saat ini 22 tempat tidur di ruang ICU dan 130 tempat tidur di ruang isolasi rumah sakit. Selain itu, Satgas COVID-19 juga memiliki tempat isolasi bagi OTG dengan kapasitas 69 tempat tidur, yang terpakai saat ini hanya dua tempat tidur di Kota Sabang," katanya.

Ia mengatakan rendahnya pemakaian tempat tidur di rumah sakit maupun di tempat isolasi yang tersedia karena jumlah kasus konfirmasi baru semakin rendah dan umumnya OTG. Sedangkan jumlah penderita COVID-19 yang sembuh terus meningkat dalam empat pekan terakhir.

"Tren turunnya kasus baru dan meningkatnya jumlah penderita yang sembuh dapat kita pertahankan dalam jangka panjang, melalui menerapkan protokol kesehatan dalam segala aspek kehidupan sehari-hari," katanya. (mdk/ded)

Baca juga:
Pasien Sembuh Covid-19 Terus Meningkat, Tembus 400 Ribu
Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Payakumbuh Capai 75 Persen
70 Persen Kabupaten/Kota Miliki Kesembuhan Covid-19 di Atas Rata-Rata Dunia
Satgas: 71 Persen Pasien Covid-19 di Papua Sembuh
Jokowi: Kasus Aktif dan Sembuh Corona RI Lebih Baik Dibanding Rata-rata Dunia
Satgas Prihatin Kasus Sembuh Covid-19 Menurun 4 Pekan Berturut-turut

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami