Perampok 4 Minimarket di Jakarta Diduga Terlibat Pencurian Motor

Perampok 4 Minimarket di Jakarta Diduga Terlibat Pencurian Motor
PERISTIWA | 5 Juni 2020 17:01 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, para pelaku perampokan di empat lokasi yakni Tamansari, Kembangan, Duren Sawit dan Pesanggrahan diduga juga merupakan pelaku pencurian kendaraan bermotor. Para pelaku diketahui atas nama inisial RH (tewas), MS (tewas), SH, ZT dan AH dan satu DPO atas nama inisial M.

"Ditemukan di kediamannya (RH) ada satu roda empat memang dia sewa, yang sekarang masih kita dalami lagi dan ada empat kendaraan roda dua, sudah kita cek ternyata ada indikasi bahwa kemungkinan mereka juga bermain di curanmor," kata Yusri saat konferensi pers di Polres Metro Jakarta Barat, Jumat (5/6).

Para pelaku perampokan atau pencurian dengan kekerasan (curas) ini diduga juga sebagai pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Karena, sepeda motor yang ditemukan itu diketahui tak langkap surat-surat kendaraannya.

"Karena empat kendaraan tersebut itu kendaraan bodong, ini masih kita dalami lagi. Nanti dari satreskrim polres metro Jakarta Barat akan mendalami apakah kemungkinan juga mereka bermain bukan cuma di minimarket saja tapi apakah mungkin bermain di curanmor juga. Ini masih kita dalami," ujarnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Teuku Arsya Khadafi menegaskan, pihaknya masih terus melakukan pengejaran terhadap satu orang pelaku lagi yang masih masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Kami menyampaikan bahwa terkait dengan kasus pencurian dengan kekerasan ini memang masih ada satu tersangka yang jadi DPO dan pihak kami gabungan dari Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat serta Polsek Metro Tamansari akan melakukan pengejaran terhadap tersangka dan akan kami kembangkan lagi terkait dengan informasi kejahatan lainnya, mengingat di TKP kami penangkapan ditemukan ada beberapa barang bukti lainnya yang terindikasikan hasil kejahatan," tegas Arsya.

Sebelumnya, Jajaran Polres Metro Jakarta Barat telah menangkap pelaku aksi perampokan yang terjadi di Minimarket di kawasan Tamansari, Jakarta Barat pada Selasa (26/5) sekitar pukul 06.09 Wib. Penangkapan dilakukan pada Kamis (4/6) malam.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, pelaku yang diamankan tersebut ternyata juga melakukan aksinya di beberapa minimarket yang berada di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur yang berjumlah 4 lokasi perampokan.

"Kelompok ini ramai dinamakan AKAP antar kota antar provinsi, 4 TKP ini ada di Jakarta, pertama di Taman Sari, sekitar tanggal 26 Mei, kemudian di Duren Sawit, Jakarta Timur, tanggal 20 Mei. Kemudian di Kembangan, Jakarta Barat, 26 Mei, jadi satu malam dua kali. Terakhir di Pesanggrahan, Jakarta Selatan yang viral," kata Yusri saat konferensi pers di Polres Metra Jakarta Barat, Jumat (5/6).

Seperti diberitakan, Viral di media sosial terkait adanya perampokan minimarket di Alfamart 24 jam, RC Veteran II, No.17 H, Jalan Veteran Raya, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Berdasarkan video yang diunggah @lintas.patroli, kejadian terjadi pada Selasa (2/6) sekitar pukul 02.44 WIB dengan jumlah pelaku diduga empat orang.

Atas adanya kejadian tersebut, jajaran Polsek Pesanggrahan pun langsung bergerak cepat untuk melakukan penyelidikan. Hal ini dilakukan agar pelaku dapat segera ditangkap.

"Saat ini kami masih dalam penyelidikan pelaku," kata Kanit Reskrim Polsek Metro Pesanggrahan Iptu Fajrul Choir saat dikonfirmasi, Kamis (4/6).

Sementara itu, Virginia (21) salah seorang saksi yang merupakan karyawan minimarket tersebut menyebut, para pelaku diduga masih usia remaja. Hal itu ia lihat dari postur tubuh dari para pelaku.

"(Ciri pelaku) seumuran saya gitu, cowo tanggung lah pakai masker, saya cuma tahu rambutnya pirang. Segitu semua (masih remaja), kalau bapak-bapak keliatan postur tubuhnya juga, terus kayanya juga udah kejadian di toko lain. Mungkin udah kejadian di toko lain," kata Virginia.

Sebelumnya, Sebuah minimarket menjadi sasaran perampok di kawasan Jalan Hayam Wuruk nomor 71, Kelurahan Maphar, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat. Perampokan terjadi pada Selasa (26/5) pagi.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Teuku Arsya Khadafi mengatakan, kejadian tersebut terjadi saat dua karyawan minimarket itu sedang membuka tokonya. "Setelah dibuka ada 2 orang konsumen atau pembeli masuk dengan membeli pulsa dan token listrik," kata Arsya dalam keterangannya, Jumat (5/6).

Selanjutnya, para pelaku langsung menunju ke dalam ruangan kasir yang dijaga oleh seorang karyawan dan langsung menodongkan senjata api ke leher karyawan tersebut.

"(Pelaku) berkata mana brankas, kemudian saksi 1 langsung ditarik untuk menunjukkan di mana brankas berada. Akhirnya saksi 1 dan pelaku menuju ke lantai 2," ujarnya. (mdk/gil)

Baca juga:
5 Perampok Minimarket di Tamansari dan Pesanggrahan Ditangkap, 2 Tewas
Pura-pura Beli Pulsa, Perampok Bersenpi Gasak Uang Rp 18 Juta di Minimarket Jakbar
Tenteng Celurit, Perampok Gasak Rp90 Juta dari Minimarket di Pesanggrahan
Pencuri Spesialis Minimarket di Bekasi Diringkus Polisi
Todongkan Airsoft Gun ke Karyawan Minimarket di Jakbar, Rampok Gasak Rp26 Juta
Tidak Diberi Pinjaman Uang untuk Pulang Kampung, Diki Merampok Minimarket Milik Bos

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami