Perangkat Desa di Banyuwangi Wajib Umumkan Data Penerima Bansos ke Publik

Perangkat Desa di Banyuwangi Wajib Umumkan Data Penerima Bansos ke Publik
Bupati Banyuwangi Azwar Anas. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 19 Mei 2020 17:07 Reporter : Haris Kurniawan

Merdeka.com - Penyaluran Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk penanggulangan Covid-19 terus digenjot. Kepala Desa sebagai instrumen pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat menjadi tulang punggung keberhasilan program tersebut. Untuk itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Banyuwangi terus memberikan pemahaman dan semangat kepada para kepala desa.

"Saya sengaja melakukan roadshow ke berbagai kecamatan untuk menemui kepala desa. Kami memberikan arahan atas sejumlah kendala yang ditemui di lapangan," ungkap Anas saat menemui kepala desa dari Kecamatan Singojuruh dan Songgon, di Kantor Kecamatan Songgon, Senin (18/5).

Sebagaimana road show di beberapa kecamatan sebelumnya, Anas juga meminta kepada para kepala desa untuk terus melakukan pemuktahiran data penyaluran bansos Covid-19. Memang, dalam pelaksanaannya, penyaluran bansos masih menghadapi sejumlah kendala teknis. Misalnya terkait pendataan, mulai dari penerimanya sudah meninggal, pindah alamat, bahkan sudah meningkat taraf hidupnya.

"Secara bertahap, kesalahan data penerima tersebut telah diperbaiki. Toh, deviasinya tidak sampai 10 persen. Makanya, untuk kontrol kini semua desa wajib mengumumkan datanya di ruang publik. Jadi warga bisa saling cek penerimanya," kata Anas.

Anas menyebutkan, perbaikan data terus diupayakan oleh Dinas Sosial Banyuwangi. Secara intensif, Dinsos melakukan konsultasi dan revisi terhadap data-data yang tak akurat tersebut.

"Berbagai persoalan yang muncul pada penyalurah tahap pertama ini, harus kita selesaikan. Jangan sampai terulang pada tahap berikutnya. Memang, kesalahan-kesalahan kecil adalah sesuatu yang manusiawi. Hampir semuanya mengalami problem yang sama. Tinggal bagaimana kita segera bertindak mencari solusi," sebut Anas. (mdk/hrs)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami