Percepat Vaksinasi, Pemerintah Datangkan 1,9 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Percepat Vaksinasi, Pemerintah Datangkan 1,9 Juta Dosis Vaksin Covid-19
6 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia. ©handout/KPCPEN
NEWS | 21 Oktober 2021 21:09 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Indonesia menerima kedatangan 1.909.040 dosis vaksin Covid-19 dalam bentuk jadi. Rinciannya, 1.210.950 dosis vaksin Pfizer hasil pembelian langsung, dan 698.090 dosis vaksin AstraZeneca dukungan dari Pemerintah Jepang.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan kedatangan vaksin ini merupakan upaya pemerintah mempercepat vaksianasi dalam negeri. Target pemerintah, 70 persen dari target 208 juta masyarakat sudah divaksinasi pada akhir 2021.

"Di tengah kebutuhan akan vaksin Covid-19 yang tinggi di berbagai negara, selayaknya kita sangat berterima kasih atas dukungan vaksin dari Pemerintah Jepang ini," katanya, Kamis (21/10).

Nadia menjelaskan, 1.210.950 dosis vaksin Pfizer mendarat di dua lokasi berbeda, yakni di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dan di Bandara Sepinggan Balikpapan. Total vaksin yang sudah tiba di Indonesia hingga kini adalah 288,6 juta dosis dengan berbagai merek, baik dalam bentuk vaksin jadi maupun bahan baku atau bulk.

Dia menambahkan, pemerintah terus mempercepat vaksinasi pada kelompok lansia. Salah satu cara yang dilakukan dengan mempercepat distribusi vaksin ke berbagai daerah.

"Sangat penting untuk terus memperluas cakupan vaksinasi, makin banyak yang tervaksinasi, akan makin baik. Bukan hanya untuk kelompok tertentu saja, melainkan merata pada seluruh sasaran target vaksinasi, termasuk para kelompok rentan yang menjadi prioritas kita," jelasnya.

Nadia menyebut, pemerintah menargetkan setidaknya sampai akhir tahun ini, vaksinasi mencapai 300 juta suntikkan. Bersamaan dengan vaksinasi, pemerintah mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

"Protokol kesehatan dan vaksinasi harus sejalan. Protokol kesehatan mengurangi risiko terpapar virus, sedangkan vaksinasi menekan risiko timbulnya gejala sakit berat bahkan kematian akibat Covid-19, mari kita pertahankan situasi yang terus membaik saat ini," tutup Nadia. (mdk/rhm)

Baca juga:
Pemerintah Tambah Stok Vaksin untuk Kejar Target Akhir Tahun
20 Kabupaten Kota di Jateng Diminta Percepat Vaksinasi Covid-19
Vaksinasi Baru 33%, Jokowi Minta Kalsel Kerja Keras Agar Target Segera Tercapai
Vaksinasi Covid-19, Nakes TNI AL Disebar ke Pelosok Kabupaten Bogor
Ma'ruf Amin Minta Perangkat Daerah Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19
Jemaah Umrah akan Diberi Kartu Scan Sertifikat Vaksin Sebelum Berangkat ke Saudi

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami