Perempuan Residivis Kasus Aborsi Ditangkap Saat Edarkan Sabu Bareng Suami

PERISTIWA » MALANG | 20 November 2019 23:17 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Seorang perempuan diamankan Satreskoba Polrestabes Surabaya karena kedapatan mengedarkan narkoba jenis sabu. Perempuan itu bernama Nining Dwi Hariyanti (32) asal Malang.

Selain Nining, polisi juga menangkap seorang pria yang merupakan suami siri Nining. Dia adalah Doni Feriawan (42), warga Surabaya.

"Kedua pelaku yang kami amankan ini merupakan satu rangkaian. Kami tangkap di tempat dan waktu yang berbeda," kata Kasatreskoba Polrestabes Surabaya Kompol Memo Ardian, Rabu (20/11).

1 dari 2 halaman

Pelaku Terlibat Sindikat Kasus Aborsi

Memo mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, tersangka Nining merupakan residivis yang masuk dalam sindikat aborsi Sidoarjo-Surabaya. Dia merupakan kakak dari Nunung S Rahayu alias Atik. Keduanya ditangkap Polresta Sidoarjo pada tahun 2011 silam.

Dari kedua tersangka, waktu itu polisi membongkar praktik aborsi ribuan janin dokter Erward Armando di Surabaya. Nining bisa dikatakan sebagai 'ratu aborsi'.

"Kami kemudian melakukan pengembangan lagi, dan tiga orang pelaku berhasil kami amankan saat hendak check in di salah satu hotel di kawasan Sedati, Sidoarjo. Barang bukti yang kami sita total menjadi 7 kilogram," ujar dia.

"Ketiga tersangka juga terpaksa kami lumpuhkan betis kakinya, karena berusaha kabur saat kami tangkap. Waktu itu mereka menuju hotel baik mobil taksi online," tambah Memo.

2 dari 2 halaman

Sabu Hendak Diedarkan di Jawa Timur

Sementara itu, dari hasil pemeriksaan sementara, sabu seberat 7 kg tersebut rencananya akan dipasarkan di sejumlah daerah di Jatim, termasuk Surabaya dan Sidoarjo.

"Barangnya (sabu) ini didapat dari Aceh. Dimasukkan dalam koper biasa. Saat ini masih akan kembangkan hingga ke jaringan di atasnya," tandas alumnus Akpol 2002 tersebut.

Namun sayang, untuk data tiga tersangka ini polisi belum bisa memberikannya, dengan alasan masih melakukan pengembangan. (mdk/gil)

Baca juga:
Seorang Driver Ojek Online di Denpasar Nyambi Jadi Kurir Narkoba
Tangkap Dua Kurir Narkoba di Bali, Polisi Amankan Ribuan Ekstasi
Kirim 60 Kg Sabu-Sabu, Eks Polisi dan Rekan Divonis Hukuman Mati
Polisi Gerebek Ruko Parfum di Samarinda, 3 Orang Diamankan
Sembunyikan Sabu di Dubur, Warga Batam Diringkus di Bandara Makassar
Hendak Diedarkan di Luwu Timur, Ganja Dibungkus Baju Bekas Diselundupkan Lewat Pos
Perwira Polisi Aktif di Maluku Simpan 692 Kg Ganja

TOPIK TERKAIT