Pergerakan Mudik Luar Biasa, RI Bisa Kena Gelombang Kedua Covid-19

Pergerakan Mudik Luar Biasa, RI Bisa Kena Gelombang Kedua Covid-19
PERISTIWA | 2 Juni 2020 13:18 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Indonesia sangat mungkin diterpa gelombang kedua penularan Covid-19. Sehingga sejumlah persiapan dan pencegahan juga tengah dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Kita tahu gelombang kedua (Covid-19) bisa saja terjadi," kata Ketua Laboratorium Mikrobiologi FKUI Prof Pratiwi Sudarmono di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Selasa (2/6).

Menurutnya, hal ini bisa saja terjadi lantaran saat ini tampak adanya mobilitas yang tinggi dari masyarakat di tengah pandemi virus. Dia mencontohkan banyaknya keluar masuk para Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari luar negeri.

"Karena sekarang pergerakan luar biasa orang mudik dan kembali lagi, juga masuknya ABK atau tenaga kerja dari luar negeri," ujar Pratiwi.

1 dari 1 halaman

Selain itu, kata Pratiwi, sampai saat ini vaksin virus ini belum ditemukan. Bahkan, lanjutnya, kurangnya kedisiplinan masyarakat pun menurun.

"Karena tak ada pembatasan yang jelas, orang tak takut lagi, sehingga tak ada WFH maka sendirinya kemungkinan tertular ada," pungkas Pratiwi. (mdk/rnd)

Baca juga:
39 Hari Penyekatan Lalu Lintas, 132.582 Kendaraan Pemudik Diputar Balik
18.708 Kendaraan Ingin Masuk Jakarta Diputar Balik Karena Tak Punya SIKM
Pemudik Tujuan Jakarta Gigit Jari, Disuruh Balik ke Cianjur oleh Polisi
Jasa Marga: 25-31 Mei, Total Kendaraan Menuju Jakarta Capai 422 Ribu Unit
Gara-Gara Live Facebook, Sopir Taksi Gelap Tujuan Jakarta Berhasil Ditangkap

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

5