Pergi ke Makkah, calon jemaah haji bawa pisau dan gunting

PERISTIWA | 15 September 2013 16:00 Reporter : Mustiana Lestari

Merdeka.com - Petugas pemeriksa koper dari Kementerian Agama menemukan sejumlah barang tak biasa, dalam musim haji kali ini. Mereka menemukan beragam peralatan makan, minyak goreng hingga beras di dalam koper para calon jemaah haji Bengkulu.

"Petugas menyita sejumlah barang yang memang dilarang dibawa dalam penerbangan, seperti pisau, gunting, sendok hingga minyak sayur," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Suardi Abbas di Bengkulu, Minggu (15/9). Demikian tulis Antara.

Berbeda dengan peralatan makan dan minyak goreng, petugas tidak menyita beras milik calon jemaah haji. Beras yang dibungkus di dalam termos ini pun dipersilahkan dibawa calon jemaah haji.

"Ada yang membawa beras, tapi tidak kami sita, walaupun sebenarnya dibawa ke sana juga percuma," tambahnya.

Penemuan barang-barang unik ini bermula dari kecurigaan para petugas terhadap delapan koper milik calon jemaah haji. Apalagi ketika disinar X, terungkap ada yang membawa barang mencurigakan.

"Karena isinya mencurigakan maka petugas membongkar koper dan ditemukan beberapa barang terlarang yang langsung disita," ujarnya.

Pagi tadi sebanyak 370 jemaah calon haji kloter lima embarkasi Padang yang merupakan kloter pertama dari Bengkulu berangkat ke Tanah Suci. Empat orang diketahui batal berangkat karena sakit. (mdk/cob)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.