Periksa Bupati Tanah Laut, KPK sita sejumlah dokumen

Periksa Bupati Tanah Laut, KPK sita sejumlah dokumen
Gedung KPK. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko
PERISTIWA | 24 April 2015 21:53 Reporter : Juven Martua Sitompul

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi telah memeriksa Bupati Tanah Laut, Bambang Alamsyah terkait kasus dugaan izin usaha pertambangan (IUP) PT Mitra Maju Sukses (MMS) di Kalimantan Selatan. Pemeriksaan itu dilakukan di Markas Brimob Polda Kalimantan Selatan.

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha. Menurut penuturan Priharsa, Bambang diperiksa pada Kamis (24/4). Dia diperiksa menyangkut dugaan suap pengusahaan tambang di Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

"Kemarin, KPK telah memeriksa Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah di Brimobda (Brimob Polda), Kalsel," kata Priharsa di gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/4).

Priharsa mengungkapkan, sebelum memeriksa anak politikus PDI Perjuangan Adriansyah itu, penyidik menggeledah kantor Bupati Tanah Laut dan rumah dinas Bambang.

Penyidik pun menyita sejumlah dokumen terkait kasus yang menjerat anggota Komisi IV DPR, Adriansyah Adriansyah dan Direktur PT MMS Andrew Hidayat.

Priharsa tak menepis kalau Bambang diperiksa soal sejumlah dokumen yang berhasil diamankan lembaga antirasuah. Bambang diperiksa selama enam jam.

"Salah satunya terkait beberapa dokumen yang disita termasuk mekanisme pemberian izin usaha di Tanah Laut," ungkapnya.

Lebih jauh, Priharsa menegaskan pihaknya akan melanjutkan pemeriksaan terhadap Bambang, mengingat masih ada beberapa informasi yang dibutuhkan darinya.

Meski KPK fokus terhadap dua pihak yang menyandang status tersangka, Priharsa menyatakan tidak menutup kemungkinan Bambang akan ikut dijerat bila penyidik menemukan dua alat bukti.

"Jika ditemukan dua alat bukti (Bambang Alamsyah bisa dijerat sebagai tersangka)," pungkas Priharsa. (mdk/ren)

KPK selidiki motif kasus suap politikus PDIP Adriansyah

Umbar senyum, Adriansyah akui terima uang suap lebih dari satu kali

Sambil senyum, Adriansyah akui terima suap lebih dari satu kali

Kasus suap izin tambang, KPK periksa Adriansyah dan direktur PT MMS

Suryadharma Ali geram dicecar soal pemeriksaan politikus PDIP

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami