Periksa Saksi, Polres Bogor Perdalam Dugaan RS UMMI Menghalangi Kerja Satgas Covid

Periksa Saksi, Polres Bogor Perdalam Dugaan RS UMMI Menghalangi Kerja Satgas Covid
PERISTIWA | 1 Desember 2020 12:23 Reporter : Rasyid Ali

Merdeka.com - Polresta Bogor Kota menjadwalkan pemeriksaan terhadap enam orang saksi dalam kasus dugaan menghalangi atau menghambat Satgas Covid-19 di Kota Bogor, Selasa (1/12).

"Hari ini, enam orang akan kami periksa. Yakni ketua pelaksana Satgas Covid-19, kepala dinas kesehatan, kepala BPBD, sekuriti dan ahli pandemi," kata Kapolresta Bogor Kota, Kombes Hendri Fiuser.

Pada Senin (30/11), 13 orang telah dimintai keterangan terkait kasus ini. Kemarin, empat orang dari Satgas Covid-19 Kota Bogor, dua dari MER-C dan 7 orang dari RS Ummi Bogor.

"Dari RS Ummi dua merupakan perawat yang menangani itu (Habib Rizieq) dan lima dari pihak manajemen, baik direktur utama, umum dan pelayanan dan pemasaran serta dokter jaga," jelas Hendri.

Hendri menjelaskan, materi pemeriksaan mulai dari SOP, kerja sama antara RS Ummi dengan Satgas Covid-19 dan Wali Kota Bogor hingga prosedur pelaporan jika ada pasien COvid-19.

"Pokoknya mulai beranjak dari prosedur. Kalau ada prosedur yang dilanggar maka upaya untuk menghalang-halangi itu," katanya.

"Di situ ada SOPnya dan tata cara pelaporan secara berkala dan tertentu melaporkan, nah kalau ini tidak dilaksanakan ada apa? Mengapa tidak melaporkan itu, nanti akan terlihat dari perbuatan menghalang-halanginya," tambahnya.

Sebelumnya,Sementara Direktur RS Ummi Andi Tatat menjelaskan, pelaksanaan tes PCR terhadap Habib Rizieq melalui MER-C, bukan sengaja ditutupi oleh pihak rumah sakit.

"Tidak ada maksud dari kami untuk menutupi. Kami akui ada kelemahan dalam komunikasi, sehingga terkesan menghalang-halangi. Seharusnya, saat ini tim dokter pribadi melakukan tes. Sesuai kesepakatan antara saya dan pemkot harus disaksikan. Kami menyampaikan permohonan maaf kepada Satgas Covid-19 Kota Bogor," kata Andi. (mdk/noe)

Baca juga:
Polisi akan Bubarkan Massa Pengawal Rizieq Syihab Jika Ikut Datang Pemeriksaan
Polemik Status Kesehatan Habib Rizieq Syihab & Pernyataan Tegas Kapolda Jabar
Selain Rizieq Syihab, Menantu dan Biro Hukum FPI akan Diperiksa Polisi Hari Ini
Rizieq Syihab Bakal Diperiksa, Polisi Ingatkan Tak Bawa Massa Pendukung
Viral Azan Serukan Jihad di Petamburan, Ini Kata Wakil Menteri Agama

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami