Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia Digelar di 5 Wilayah, Jokowi-Ma'ruf Hadir

Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia Digelar di 5 Wilayah, Jokowi-Ma'ruf Hadir
Hari AntiKorupsi Sedunia. ©2014 Merdeka.com/Dwi Narwoko
NEWS | 27 November 2021 03:32 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menggelar Hari Anti-Korupsi Sedunia (Hakordia) 2021 pada 9 Desember 2021. KPK mengundang Presiden Joko Widodo alias Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam acara itu.

"Kami mengundang Presiden untuk bisa bersama-sama memperingati Hari Antikorupsi tahun ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya," ujar Plt Deputi Koordinasi dan Supervisi KPK Yudhiawan Wibisono dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jumat (26/11).

Yudhi mengatakan, Jokowi akan hadir secara langsung dan membuka Hakordia 2021 yang direncanakan diadakan di Gedung Merah Putih KPK. Setelah dibuka Jokowi, Maruf Amin juga dijadwalkan memberikan sambutan.

"Tahun ini presiden datang pada pukul 09.30 WIB, wakil presiden datang 11.30 WIB," kata Yudhi.

Jokowi dan Maruf Amin dijadwalkan bisa hadir lantaran pandemi Covid-19 di Indonesia mulai mereda. Selain Jokowi-Maruf, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung ST Burhanuddin dan beberapa petinggi di kementerian juga diundang dalam acara itu.

Acara ini juga akan digelar di empat wilayah lain di Indonesia, yakni Kendari, Banjarmasin, Pekanbaru, dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Masyarakat bisa mengikuti acara ini secara daring melalui akun YouTube resmi KPK.

"Kami ingin mengajak semua masyarakat, kementerian atau lembaga, dan swasta bersama-sama memperingati Hari Anti-Korupsi Sedunia untuk terus mengingatkan pada cita-cita kita membangun Indonesia yang bebas dari korupsi melalui peran kita masing-masing," kata Yudhiawan.

Untuk tema, di Hakordia 2021 ini KPK mengusung 'Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi'. KPK berharap tema itu bisa membakar semangat antikorupsi masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan di Indonesia.

"KPK ingin mendorong seluruh kementerian atau lembaga, pemda, dan seluruh elemen masyarakat sama-sama menyelenggarakan rangkaian kegiatan Hakordia 2021," kata Yudhi.

Reporter: Fachrur Rozie (mdk/gil)

Baca juga:
Yudi Widiana Segera Disidang Terkait Kasus Pencucian Uang
KPK Setor Denda Rp800 Juta dari Eks Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti dan Istri
Edhy Prabowo Terancam Dijerat dengan Pasal Pencucian Uang
Korupsi Mesin Giling Tebu, Mantan Bos PTPN XI Diduga Rugikan Negara Rp15 Miliar
KPK Tetapkan Mantan Bos PTPN XI Tersangka Korupsi Mesin Giling Tebu
Ajukan Justice Collaborator, Robin Pattuju Disinggung Pimpinan KPK Soal Ubah BAP

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami