Peringatan Hari Pancasila, Wapres Ma'ruf Ingatkan Implementasi di Kehidupan Nyata

Peringatan Hari Pancasila, Wapres Ma'ruf Ingatkan Implementasi di Kehidupan Nyata
PERISTIWA | 1 Juni 2020 18:30 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, Pancasila merupakan ideologi negara yang menjadi simbol keberagaman bangsa Indonesia. Pancasila juga merupakan hasil dari kesepakatan para pendiri bangsa.

"Pancasila telah menjadi konsensus nasional. Dalam bahasa agama, disebut mitsaaq. Dan agama mengajarkan kita untuk berkomitmen mematuhi kesepakatan yang sudah kita ambil," kata Wapres, Senin (1/6).

Bagi bangsa Indonesia, menurut Wapres, Pancasila hadir untuk menjadi titik temu segala perbedaan dari berbagai macam suku bangsa, agama, dan kepercayaan. Implementasi nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat dilakukan dengan tindakan nyata dari seluruh masyarakat, khususnya saat ini dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, semoga semangat persatuan bangsa dapat terus terjaga. Mari wujudkan Pancasila sebagai pedoman untuk melakukan tindakan melalui gotong royong menuju Indonesia Maju," tutur Wapres.

Wakil pagi tadi pagi juga sempat menghadiri upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual di rumah dinas Wapres Jl. Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Senin (1/6).

Wapres yang menggunakan Pakaian Sipil Lengkap (PSL) itu melalui video conference tampak berdiri tegak di ruang tengah kediaman dinasnya untuk mengikuti upacara yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara berlangsung secara khidmat dan diakhiri dengan pembacaan doa oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. (mdk/bal)

Baca juga:
Ridwan Kamil: Jangan Tergoda Ideologi Agama yang Membuat Kita Tercerai-berai
Wali Kota Bengkulu Ajak Warga Amalkan Nilai Pancasila & Berlomba dalam Kebaikan
Cak Imin Yakin Ajaran Pancasila Mampu Bawa RI Lewati Pandemi Covid-19
PKS: Pancasila Antitesis Komunisme dan Marxisme
Hari Lahir Pancasila dan Kebahagiaan Kaum Disabilitas di Kota Bengkulu
Antisipasi Covid-19, Upacara Hari Lahir Pancasila Dilaksanakan Virtual

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5