Perintah Presiden Jokowi sampai Menhan Tindak Tegas KKB Papua

PERISTIWA | 5 Desember 2018 12:05 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Teror dan pembunuhan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata atau KKB di Papua sangat keji. Tindakan yang dilakukan kelompok berjenjata ini sudah berulang kali. Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memerintahkan TNI dan Polri menindak tegas pelaku.

Berikut perintah Presiden Jokowi sampai Menhan pada TNI dan Polri untuk tindak tegas KKB Papua:

1 dari 4 halaman

Presiden Jokowi

Jokowi naik motor trail di Papua. ©biro pers

Presiden Jokowi langsung memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk menyelesaikan kasus pembunuhan yang dilakukan oleh KKB di Nduga, Papua.

Jokowi mengatakan bahwa tempat penembakan tersebut merupakan zona merah. "Tapi kita menyadari pembangunan di tanah Papua itu memang medannya sangat sulit dan juga masih dapat gangguan seperti itu," kata Jokowi.

2 dari 4 halaman

Menko Polhukam

Menkopolhukam Wiranto. ©2017 Merdeka.com/Ahda Bayhaqi

Menko Polhukam Wiranto telah bicara dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk mengejar pelaku tersebut habis-habisan.

Menurutnya, penembakan ini sudah di luar batas dan menakuti masyarakat. Agar pembangunan tidak berjalan dan mengganggu kepentingan masyarakat Papua sendiri.

3 dari 4 halaman

Menteri Pertahanan

Menteri Pertahanan RI Rymizard Ryacudu. ©2018 Istimewa

Menteri Pertahanan Ryamirzad Ryacudu bersikap tegas soal KKB. Menurutnya, dalam menyelesaikan kasus ini tidak bisa dengan cara negosiasi. Sebab tindakan ini bukan lagi kriminal.

"Bagi saya tidak ada negosiasi. Menyerah atau diselesaikan. Itu saja," ucapnya.

"Kalau sudah nembak-nembak gitu ya siapapun lah. Tidak ada kriminal nembak sebanyak orang itu," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Bagaimana Kelanjutan Proyek di Papua?

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. ©2017 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga memantau Papua, sehari setelah pasukan TNI dan Polri tiba di sana. Menteri Basuki akan mengunjungi Papua bersama dengan Hadi Tjahjanto.

Dia berharap, hasil tinjauan nanti dapat berbuah hasil lebih lanjut, yakni dengan mendapat informasi lebih jelas seputar kronologis insiden pembunuhan pekerja Istaka Karya.

Menteri Basuki mengatakan pembangunan Jalan Trans Papua justru amat ditunggu warga setempat demi memperlancar distribusi logistik ke wilayah Pegunungan Tengah yang selama ini kerap disalurkan lewat jalur udara. (mdk/has)

Baca juga:
Sadisnya Pemberontak di Papua Habisi 19 Pekerja PT Istaka Karya
Wiranto Sebut Penembakan Brutal di Papua Tewaskan 19 Orang
DPR dorong TNI & Polri Kirim Pasukan Elite Tumpas Pemberontak di Papua
Sebelum Terjadi Penembakan, Wilayah Kerja Istaka Karya Dinilai Aman
Kapolri Sebut Kelompok Bersenjata di Papua Ingin Tunjukkan Eksistensi