Perjalanan Karier Mahfud MD: Gagal Jadi Cawapres, Kini Jadi Menteri Jokowi?

PERISTIWA | 21 Oktober 2019 11:59 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Jelang pengumuman susunan kabinet kerja jilid II. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD berkunjung ke Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10).

Mahfud MD adalah orang yang pertama datang ke Istana dan usai bertemu dengan Presiden Jokowi dia mengaku ditunjuk sebagai menteri. "Menjadi salah seorang menteri, dilantik Rabu," kata Mahfud, di Istana Senin (21/10).

Berikut ini profil Mahfud MD:

1 dari 4 halaman

Menjadi Menteri Pertahanan

Mahfud MD pernah menjadi Menteri Pertahanan pada Kabinet Persatuan Nasional di era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Sebagai informasi Mahfud MD meraih gelar Doktor pada tahun 1993 dari Universitas Gadjah Mada. Sebelum diangkat sebagai Menteri, dia adalah pengajar dan Guru Besar Hukum Tata Negara di Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta. Semasa muda dia juga aktif sebagai aktivis PII dan HMI.

2 dari 4 halaman

Ketua Mahkamah Konstitusi

Kemudian Mahfud MD terpilih menggantikan hakim Konstitusi Achmad Roestandi yang memasuki masa purna tugas. Selanjutnya, pada pemilihan Ketua Mahkamah Konstitusi, yang berlangsung terbuka di ruang sidang pleno Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa 19 Agustus 2008, Mahfud MD terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2011 menggantikan ketua sebelumnya, Jimly Asshiddiqie.

3 dari 4 halaman

Gagal Jadi Cawapres Jokowi

Saat Pilpres 2019 nama Mahfud MD santer terdengar menjadi cawapres mendamping Jokowi kala itu. Bahkan Mahfud sendiri mengaku sebelumnya telah dihubungi pihak Jokowi untuk menjadi cawapres. Dia pun menyatakan kesiapannya menjalani tugas tersebut. Dia menganggap panggilan itu sebagai suatu hal bersejarah.

Segala persiapan sudah disiapkan Mahfud MD, dia bahkan mengaku sudah menjahit baju khusus untuk menghadiri pengumuman dirinya sebagai cawapres Jokowi.

Sayangnya secara dramatis Jokowi memilih Ma'ruf Amin sebagai cawapresnya. Mahfud harus legowo tak menjadi cawapres walau sudah mempersiapkan diri.

4 dari 4 halaman

Menjadi Menteri

Usai bertemu Presiden Jokowi, Mahfud MD mengakui ditunjuk menjadi menteri. Dia mengatakan akan dilantik pada Rabu, (23/10).

Namun Mahfud tidak memberi tahu akan menjadi menteri apa. Dia hanya mengatakan berdiskusi dengan Presiden Jokowi terkait masalah hukum, HAM sampai pemberantasan korupsi.

"Bisa di hukum, politik, agama. Kan saya selama ini memang disebut sebut jadi Kumham, Jaksa Agung, Menteri Agama," kata Mahfud di Istana, Senin (21/10). (mdk/dan)

Baca juga:
Jokowi akan Umumkan Nama Menteri, Inilah Daftar Tokoh yang Dipanggil ke Istana
Mahfud MD Sebut Pelantikan Menteri Jokowi Akan Digelar Rabu Pagi
Usai Bertemu Jokowi, Mahfud MD Mengaku Bahas Hukum dan HAM, Diminta Jadi Menteri
Berkemeja Putih, Mahfud MD Merapat ke Istana Jelang Pengumuman Menteri
Ucapkan Selamat Purnatugas, Mahfud dkk Harap JK Tetap Berkontribusi untuk Bangsa