Perjuangkan Kelestarian Hutan, Perempuan Miliki Peranan Penting

Perjuangkan Kelestarian Hutan, Perempuan Miliki Peranan Penting
Macam Hutan. ©2020 Merdeka.com/pixabay
PERISTIWA | 16 Juli 2020 14:39 Reporter : Mardani

Merdeka.com - Kaum perempuan diharapkan meningkatkan peranannya dalam mendorong upaya pelestarian hutan. Saat ini peran perempuan di kehutanan masih menghadapi kendala karena kehutanan dianggap sebagai dunia laki-laki yang memiliki kekuatan fisik.

"Selain itu pengakuan atas atas kontribusi nyata perempuan dalam aspek ekonomi dan ekologi masih kurang. Karena itu, paradigma di masyarakat masih mengarah pada pemberdayaan perempuan," kata Direktur Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, R.A Belinda Arunarwati Margono, Kamis (16/7).

Menurutnya, sektor kehutanan saat ini justru banyak diwarnai kepemimpinan perempuan. .Dia mencontohkan Menteri LHK saat ini adalah seorang perempuan, dan jajaran eselon-nya banyak diisi perempuan.

"Mereka berperan sentral dalam proses pengambilan keputusan, negosiasi internasional, kegiatan teknis kehutanan, dan ujung tombak pengelolaan di tingkat tapak," katanya dalam webinar 'Peran Perempuan Dalam Pengelolaan Hutan Lestari di Tengah Pandemi Covid-19' yang digelar Srikandi Hutan Lestari.

Baca Selanjutnya: Ketua Umum Srikandi Hutan Lestari...

Halaman

(mdk/dan)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami