Permintaan Daging Meningkat, Satu Rumah Potong di Banyuwangi Bisa Sembelih 30 Sapi

Permintaan Daging Meningkat, Satu Rumah Potong di Banyuwangi Bisa Sembelih 30 Sapi
Permintaan Daging di Banyuwangi Jelang Lebaran Meningkat. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 11 Mei 2021 14:20 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Konsumsi daging menjelang lebaran Idul Fitri 2021 mengalami peningkatan. Tiap hari satu rumah pemotongan hewan (RPH) bisa memotong 30 ekor sapi.

"Sekitar satu minggu terakhir, pemotongan hewan meningkat 200 persen lebih. Di hari normal biasanya maksimal 10 ekor per hari. Namun menjelang lebaran kali ini bisa sampai 30 ekor," kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Arief Setiawan, Selasa (11/5/2021).

Di Banyuwangi terdapat sekitar 8 RPH seperti RPH Kalibaru Glenmore, Rogojampi, Purwoharjo, Pesanggaran Genteng Banyuwangi dan Wongsorejo. Dengan demikian tiap hari sekitar 200 hingga 240 ekor sapi dipotong di Banyuwangi dan disalurkan ke berbagai pasar.

permintaan daging di banyuwangi jelang lebaran meningkat
Permintaan Daging di Banyuwangi Jelang Lebaran Meningkat ©2021 Merdeka.com

"Pemotongan dan daging yang dijual harus sesuai standar kami. Yakni aman, sehat, dan halal. Kami rutin melakukan pengecekan baik di RPH maupun di pasar-pasar seperti yang kami lakukan saat ini," kata Arief.

Karena itu, pemkab menyarankan agar masyarakat membeli daging di pasar agar lebih aman.

"Sangat aman membeli di pasar. Karena kami melarang adanya pemotongan hewan dari luar RPH yang kemudian dijual di pasar," kata Arief.

permintaan daging di banyuwangi jelang lebaran meningkat
Permintaan Daging di Banyuwangi Jelang Lebaran Meningkat©2021 Merdeka.com

Daging-daging yang dijual di pasar lebih ketat pengawasannya. Terdapat sanksi bagi penjual daging sapi yang melanggar ketentuan, seperti tak layak konsumsi, rusak, atau menjual daging yang tidak sesuai.

"Makanya kami rutin sidak. Kami perketat pengawasan di seluruh pasar di Banyuwangi. Jangan sampai ada temuan daging rusak ataupun daging bukan sapi yang dijual di pasar. Apabila ketahuan izin dagang akan kami cabut," jelas Arief.

Tidak hanya daging sapi, peningkatan juga terjadi di daging ayam dan kambing. Daging ayam dan kambing pun juga diteliti oleh petugas dari Dinas Pertanian dan Pangan.

permintaan daging di banyuwangi jelang lebaran meningkat
Permintaan Daging di Banyuwangi Jelang Lebaran Meningkat ©2021 Merdeka.com

Seiring permintaan meningkat menjelang lebaran, kata Arief, harga daging sapi turut naik meski masih di batas normal.

"Mulai sekitar satu minggu harganya naik, biasanya Rp 120.000 per kilogram saat ini Rp 130.000. Permintaan juga naik. Biasanya tiap hari bisa menjual 1 ekor, sekarang bisa jual 3 sampai 4 ekor," kata Agus Santoso, salah satu pedagang. (mdk/hhw)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami