Permintaan Evakuasi Sarang Tawon Vespa Meningkat di Bekasi

PERISTIWA » MALANG | 6 Desember 2019 04:04 Reporter : Adi Nugroho

Merdeka.com - Tim rescue di Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi menyatakan permohonan evakuasi saran tawon di meningkat dalam dua pekan ini. Permohonan itu, karena masyarakat khawatir disengat lantaran sarangnya berada di lingkungan rumah penduduk.

Komandan Regu Tim Evakuasi dan Penyelamatan pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Adhi Nugroho mengatakan, dalam dua pekan terakhir lebih dari 10 sarang tawon predator jenis Vespa Affinis atau yang biasa disebut tawon ndas berhasil dievakuasi lalu dimusnahkan.

"Ada satu anggota Damkar terkena sengatan tawon di tangan hingga mengalami pembengkakan ketika melakukan evakuasi," kata Adhi, Kamis (5/12).

Ia menyebut sarang tawon yang dievakuasi berada di pemukiman penduduk seperti di Kecamatan Cikarang Timur, Sukatani, Tambelang dan Babelan. Tak ada kendala selama petugas melakukan evakuasi.

"Banyaknya koloni tawon predator yang bersarang di pemukiman warga salah satunya disebabkan karena maraknya alih fungsi lahan dari pertanian menjadi pemukiman atau industri," katanya.

Selain itu, faktor dominan itu penyebabnya dan biasanya terjadi saat peralihan dari musim hujan ke musim panas. (mdk/bal)

Baca juga:
Damkar Semarang Bersih-Bersih Sarang Tawon Ndas yang Resahkan Warga
Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Saat Disengat Tawon
Atasi Teror Tawon, Ganjar akan Terjunkan Tim BPBD
2 Warga Pemalang Meninggal Usai Diserang Tawon yang Bersarang di Area TPU
Sengatan Tawon Ndas Hantui Warga Klaten, 10 Korban Meninggal Sejak 2017
Petani di Tuban Tewas Diserbu Ratusan Lebah, di Tubuhnya ada 180 Sengatan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.