Permintaan Maaf & Penjelasan Guru Pramuka Soal Insiden Susur Sungai Tewaskan 10 Siswa

Permintaan Maaf & Penjelasan Guru Pramuka Soal Insiden Susur Sungai Tewaskan 10 Siswa
PERISTIWA | 25 Februari 2020 21:45 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Paska insiden meninggalnya 10 orang siswi SMP Negeri 1 Turi, Polda DIY menetapkan tiga orang tersangka. Tiga orang tersangka ini adalah para pembina Pramuka di SMP Negeri 1 Turi.

Tiga tersangka ini berinisial IYA, DDS dan R. Ketiganya harus bertanggungjawab atas kegiatan susur Sungai Sempor yang berujung duka. Ketiganya saat ini ditahan di Polres Sleman dan dijerat Pasal 359 dan Pasal 360 KUHP.

Guru Pembina Pramuka berinisial IYA menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga korban. Utamanya korban yang meninggal dunia.

"Saya mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada instansi saya SMPN 1 Turi. Karena atas kelalaian kami terjadi hal seperti ini," ujar IYA, Selasa (25/3).

"Saya memohon maaf kepada keluarga korban terutama pada keluarga korban yang sudah meninggal jadi memang ini sudah menjadi risiko kami. Sehingga apa pun yang menjadi keputusannya nanti akan kita terima," imbuh IYA.

IYA menyebut saat kejadian cuaca belum hujan. Sekitar pukul 13.30 WIB, para siswa diberangkatkan dari sekolah untuk susur Sungai Sempor.

Dia mengaku sempat mengecek debit air di jembatan dekat lokasi kejadian. IYA juga sempat mengecek debit air di lokasi awal susur sungai.

IYA menambahkan acara susur Sungai Sempor memang diadakan untuk mengajak para siswa memahami karakter sungai. IYA beralasan saat ini jarang anak-anak main ke sungai.

"Sebenarnya ini latihan karakter supaya mereka bisa memahami sungai. Kemudian anak sekarang kan jarang yang main di sungai atau menyusuri sungai jadi saya kenalin ke mereka. Itu mereka berjalannya di pinggir," tutur IYA. (mdk/noe)

Baca juga:
Dapat Penghargaan, Pemacing yang Selamatkan Siswa Susur Sungai Berat Terima Hadiah
Tragedi Susur Sungai Sempor, DPR Minta Sekolah Tak Remehkan Kegiatan di Luar
Dua Pembina Pramuka SMP Negeri 1 Turi Jadi Tersangka, Total 3 Orang
Tewaskan 10 Siswa, Ini 5 Fakta Kegiatan Susur Sungai Pramuka SMP di Turi Sleman
Kisah Heroik Kodir, Pemancing yang Selamatkan Puluhan Siswa Tragedi Susur Sungai Turi
Tragedi Susur Sungai Sempor, Enam Pelajar Alami Gejala Gangguan Psikis

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami