Permudah Komunikasi Warga, Pemprov Jabar Pinjamkan Ribuan Ponsel untuk Ketua RW

PERISTIWA | 6 Desember 2019 19:33 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat merealisasikan penerapan sistem komunikasi sekaligus pelayanan antara masyarakat dan pemerintah melalui aplikasi bernama Sapa Warga. Total anggaran dari program ini sebesar Rp60 miliar untuk memfasilitasi satu ponsel pintar bagi setiap ketua RW.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan program Sapa Warga merupakan aplikasi yang bisa diunduh di ponsel. Di dalamnya ada kanal untuk saluran mengusulkan program pembangunan atau keluhan dari masyarakat kepada pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selain itu, Pemprov Jabar pun bisa menginformasikan segala kebijakan yang diputuskan melalui aplikasi tersebut.

"Jadi ketua RW ini dikasih pinjam pakai HP, di dalamnya ada aplikasi sapa warga untuk memudahkan proses komunikasi kepada provinsi kalau mau mengusulkan dan kalau sebalinya provinsi punya program yang ingin disampaikan bisa melalui itu," kata dia usai acara peresmian di Trans Hotel Bandung, Jumat (6/12).

Emil mengatakan, aplikasi ini masih tahap satu dan rencananya, tahun depan, aplikasi ini akan ditingkatkan menjadi semacam media sosial sehingga proses interaksi masyarakat dengan RW hingga tingkat Provinsi Jawa Barat bisa menggunakan aplikasi.

"Tentunya kita berharap sistem pelayanan akan memuat semua urusan-urusan sampai ke level kota kabupaten. Karena ada beberapa kewenangan bukan di level provinsi," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Jabar, Setiaji mengatakan penyaluran ponsel sudah dilakukan kepada 53 ribu RW di Jabar. Anggarannya masing-masing Rp1,3 juta untuk setiap unit ponsel.

"ya kurang lebih Rp60 miliar untuk handphonenya. Jenisnya smartphone dengan ukuran 5-7 inci. Statusnya kita catat sebagai aset desa. Dipinjamkan untuk dipakai," kata dia. (mdk/bal)

Baca juga:
Ridwan Kamil Tolak Penuhi Tuntutan Buruh Terkait SK UMK 2020
Buruh Depok Minta Ridwan Kamil Revisi SK Upah Minimum
Tahun Depan, Iuran Bulanan Sekolah SMA Sederajat di Jabar Diberlakukan Gratis
Pertamina Minta Emil Permudah Izin Proyek Pengembangan Kilang Minyak
Ridwan Kamil Harap Uu Tetap Konsentrasi Kerja Meski Dihadapkan Kasus Dugaan Penipuan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil Terima Penghargaan dari Wapres Ma'ruf Amin

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.