Pernah Konflik, Kini Farhat Abbas Ngaku Ditunjuk Jadi Pengacara Ahmad Dhani

PERISTIWA | 6 Februari 2019 18:17 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Farhat Abbas mengaku telah ditunjuk sebagai kuasa hukum keluarga Ahmad Dhani bersama dengan Lieus Sungkharisma. Mereka diangkat menjadi kuasa hukum dengan alasan untuk melakukan penangguhan penahanan Ahmad Dhani dan juga agar menjadi tahanan kota.

"Tadi kita bisa ketemu mas Ahmad Dhani dan saya oleh beliau ditunjuk sebagai juru bicara keluarga dan secara lisan tadi bung Farhat Abbas ini diangkat sebagai pengacara," kata Lieus di Rutan Cipinang Kelas I, Jakarta Timur, Rabu (6/2).

Sementara itu, Farhat Abbas sendiri mengaku meski dulu pernah mempunyai konflik, kini dirinya ditunjuk sebagai pengacara Ahmad Dhani. Tujuannya untuk mengurusi kasus Ahmad Dhani yang berada di DKI Jakarta.

"Tadi Mas Ahmad Dhani menunjuk Bang Lieus sebagai juru bicara keluarga dan dia minta saya bergabung khususnya di pengurusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Oleh karena itu kita menyarankan kepada keluarga Ahmad Dhani untuk mengajukan permohonan penangguhan penahanan," ujarnya.

"Mungkin jaminan istri atau keluarga atau jaminan uang, atau minimal setidaknya menjadi tahanan kota baik di kota Jakarta maupun di kota Jawa Timur agar kejaksaan maupun pengadilan tidak mengalami kesulitan menjemput atau keluarga juga tidak mengalami kesulitan. Ya namanya biaya asas cepat murah dan biaya murah dan tidak berbelit-belit," sambungnya.

Saat merdeka.com mengonfirmasi informasi tersebut, Kuasa Hukum Ahmad Dhani yakni Ali Lubis membantah akan Farhat Abbas dan Lieus Shungkarisma menjadi kuasa hukum keluarga.

"Enggak bener itu enggak bener enggak ada (Farhat Abbas sama Lieus jadi kuasa hukum Ahmad Dhani). Saya pastikan itu tidak bener, karena saya tidak dapat konfirmasi langsung. Bahkan saya tadi juga ada di rutan, pada prinsipnya enggak ada (Farhat dan Lius jadi kuasa hukum Ahmad Dhani)," tegasnya.

Dia menyebut, yang menjadi kuasa hukum secara resmi dalam kasus yang menimpa pentolan Dewa 19 ini hanyalah dirinya, Hendarsam Maratoko dan tim Advokasi Cinta Tanah Air (ACTA).

"(Secara resmi, kuasa hukum Ahmad Dhani di Jakarta) saya sama bang Hendarsam dan temen-temen ACTA yang pasti, khusus ACTA kalau untuk di Jakarta itu. Nah Surabaya, juga kita cuma supporting lah. Tapi yang aksi di sana ada namanya Pak Aldwin ada sama beberapa tim dari Surabaya, bagi tugaslah. Untuk supporting-supporting kita tetep, artinya supporting misalnya ada yang mau nanya terkait informasi apa tetep kita bisa untuk Surabayanya," jelasnya.

Lubis menjelaskan, jika Farhat Abbas menjadi kuasa hukum Ahmad Dhani. Farhat pun harus mempunyai surat kuasa dari pihak Ahmad Dhani. Terlebih, ia mengaku sebagai kuasa hukum keluarga Ahmad Dhani yang menjadi pertanyaan oleh Ali Lubis.

"Iya (enggak bener) soalnya kalau kuasa itu yang pertama harus ada surat kuasa dan enggak boleh asal-asal ngaku dan penunjukkan sebagai kuasa itu kuasa sebagai apa, orang kan itu menunjuk sebagai kuasa kalau ada persoalan hukum," tutupnya.

Baca juga:
Fahri Hamzah Ungkap Penyebab Ahmad Dhani Batal Ditahan di Surabaya
Pengacara Pastikan Ahmad Dhani Tetap Hadir Sidang Kasus Ucapan Idiot di Surabaya
Fahri Hamzah dan Fadli Zon Jenguk Ahmad Dhani di Rutan Cipinang
Kepala Rutan Medaeng Pastikan Ahmad Dhani Tak Dapat Perlakuan Khusus
Penahanan Ahmad Dhani Batal Pindah ke Rutan Medaeng Surabaya

(mdk/fik)