Perolehan Suara Calon Tak Sampai 50%, Pemilihan Ketua MA Dibuat 2 Putaran

Perolehan Suara Calon Tak Sampai 50%, Pemilihan Ketua MA Dibuat 2 Putaran
PERISTIWA | 6 April 2020 13:14 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Mahkamah Agung (MA) akan melakukan pemilihan ketua baru sebagai pengganti Hatta Ali yang memasuki masa pensiun. Proses pemilihan ketua baru MA akan digelar dua putaran karena tidak ada calon yang meraih suara 50 persen ditambah satu suara sah.

"Karena tidak ada calon yang telah memenuhi suara 50 persen ditambah satu dari suara yang sah, maka sesuai ketentuan Pasal 7 ayat 3 dari Tatib pemilihan MA, maka pemilihan akan dilanjutkan ke putaran kedua," ujar Ketua MA Muhammad, Hatta Ali, dalam Sidang Paripurna Khusus Pemilihan Ketua MA di Gedung MA, Jakarta, Senin (6/4/2020).

Dari perhitungan putaran pertama, Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, Syarifuddin meraih 22 suara dari 47 suara. Sementara Ketua Kamar Pengawasan MA, Andi Samsan Nganro meraih 14 suara.

Sedangkan Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial, Sunarto meraih 5 suara. Tiga calon lainnya, yakni Ketua Kamar Agama Amran Suadi, Ketua Kamar Pidana Suhadi, dan Ketua Kamar Tata Usaha Negara Supandi masing-masing memperoleh satu suara.

Selain itu, terdapat dua suara yang dinyatakan tidak sah dan satu suara abstain. Satu suara abstain diketahui milik Hatta Ali yang menyatakan tak akan menggunakan hak pilihnya.

"Untuk itu, kami persilakan kepada ketua panitia beserta stafnya untuk melanjutkan putaran kedua," kata Hatta Ali.

Dua calon peraih suara terbanyak yakni Syarifuddin dan Andi Samsan Nganro melaju ke putaran kedua. Hatta Ali pun meminta agar tidak dalam putaran kedua ini tak ada lagi suara yang tidak sah.

"Jadi hanya Pak Syarifuddin dan Pak Andi yang dipilih yah. Saya berharap tak ada suara yang tidak sah," kata Hatta Ali.

Reporter: Fachrur Rozie

Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Hatta Ali Tak Ikut Gunakan Hak Pilih Ketua MA, Ini Alasannya
Gantikan Hatta Ali, Syarifuddin Terpilih jadi Ketua MA Periode 2020-2025
Ketua MA Baru Diharapkan Sosok Berintegritas dan Tak Punya Catatan Hukum
Hatta Ali Pensiun Jadi 'Wakil Tuhan'
Hari Ini, Mahkamah Agung Gelar Pemilihan Ketua Baru

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami