Persaudaraan Islam Tionghoa Indonesia polisikan Sri Bintang Pamungkas

Persaudaraan Islam Tionghoa Indonesia polisikan Sri Bintang Pamungkas
PITI laporkan Sri Bintang. ©2018 Merdeka.com/Ahda Bayhaqi
PERISTIWA | 29 Maret 2018 17:35 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Dewan Pimpinan Pusat Persaudaraan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) melaporkan Sri Bintang Pamungkas atas dugaan ujaran kebencian di YouTube. Sri Bintang disebut telah menghina warga Tionghoa muslim dengan ucapan 'pura-pura' islam.

Ketua Umum PITI Ipong Wijaya Kusuma mengatakan telah merasa terhina dengan tudingan tersebut. Sri Bintang disebut telah menuding para warga keturunan ini menjadi muslim hanya untuk berpura-pura.

"Untuk itu hari ini kami melaporkan yang bersangkutan ke Mapolda Metro Jaya atas pencemaran nama baik, fitnah dan pernyataannya bahwa kami orang-orang islam Tionghoa yang masuk agama Islam adalah pura-pura," kata Ipong di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (29/3).

Sri Bintang juga diduga telah menghina Presiden Joko Widodo atas ucapan yang sama. Hal tersebut juga dilaporkan oleh Ipong.

"Kami tidak terima difitnah yang disampaikan bapak Sri Bintang Pamungkas kepada Presiden Joko Widodo, dihina dan mengatakan Presiden Joko Widodo Islamnya pura-pura," kata Ipong.

Ipong dalam laporannya menyertakan bukti unggahan video YouTube pada tanggal 15 Februari 2017 lalu. Laporan tersebut tercatat laporan nomor TBL/1698/III/2018/PMJ/Dit.Reskrimsus. Pasal yang disangkakan adalah Pasal 28 ayat (2) jo pasal 45 A ayat (2) UU RI No.19 tahun 2016 tentang perubahan UU RI No.11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Bukti ada di YouTube dan kami serahkan ke penyidik," kata dia.

PITI memberikan kesempatan terhadap Sri Bintang untuk memberikan pernyataan maaf dan klarifikasi melalui media massa nasional. Kalau tidak digubris maka laporan tidak akan dicabut. (mdk/ian)


Sri Bintang tuding kasus makarnya digantung, ini kata polisi
Polri siap hadapi tuntutan Sri Bintang ke Mahkamah Internasional
Kuasa hukum Sri Bintang akan ajukan gugat ke Mahkamah Internasional
Penahanan ditangguhkan, Sri Bintang kena wajib lapor
Rencana makar Sekjen FUI di 313 berbeda dengan Sri Bintang dkk

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami