Pertahankan gelar, Bandung gelar lomba Adipura tingkat kelurahan

Pertahankan gelar, Bandung gelar lomba Adipura tingkat kelurahan
Ridwan Kamil. Instagram/@ridwankamil
PERISTIWA | 2 Januari 2016 15:29 Reporter : Andrian Salam Wiyono

Merdeka.com - Setelah 17 tahun tidak singgah, akhirnya 2015 lalu piala Adipura diraih Kota Bandung. Untuk mempertahankan penghargaan tersebut, Pemkot Bandung akan menggelar lomba Adipura di tingkat kelurahan.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, kompetisi Adipura di tingkat kelurahan sebagai upaya mengubah manajemen warga untuk lebih peduli dengan lingkungannya.

"Ini menjadi cara kita mengubah manajemen sehingga bersih dan inisiatif luar biasa. Jadi kota tinggal memanen, karena di kelurahannya sudah bagus-bagus," katanya, Sabtu (2/1).

Menurut dia, penilaian Adipura tingkat kelurahan akan sama persis dengan penilaian tingkat nasional. Beberapa indikator seperti insiatif lingkungan, fasilitas publik dan program inovasi akan diterapkan untuk mendapatkan penilaian tersebut.

"Semua disamain persis sehingga kita tinggal memanen skor nya saja," terangnya.

Sesuai resolusi 2016 bahwa dirinya ingin Bandung bisa lebih menekankan penghijauan, tiap kelurahan diharuskan memiliki rumah berkebun atau green house. Menurut dia, konsep urban farming bisa menjadi solusi masalah penghijauan di tengah minimnya lahan di perkotaan.

"Sehingga ke mana pun kita pergi, kita tidak melihat dinding dan lahan yang kosong. Semuanya pro aktif memanfaatkan untuk yang namanya penghijauan khususnya berkebun," jelasnya seraya mengapresiasi Kelurahan Neglasari Kecamatan Cibeunying Kaler yang menerapkan green house.

Dia menyebut, dengan banyaknya penghijauan indeks kebahagiaan masyarakat bisa meningkat. "Saya bahagia karena setiap bersentuhan dengan alam pasti merasa senang," tandasnya. (mdk/lia)

Baca juga:

Malam Tahun Baru, Teras Cikapundung diresmikan & dibuka untuk warga

Ridwan Kamil dukung ketegasan Jokowi tata Metro Mini

Ridwan Kamil optimis Bandung berani hadapi MEA

Ridwan Kamil berharap warganya bisa jajan di warung tanpa pakai duit

Kisruh 'sampurasun', Ridwan Kamil mau jembatani Habib Rizieq & AMS

Sindir Ridwan Kamil, LSM demo teriak Bandung belum ramah HAM

Kini warga Bandung bayar SPP sekolah dan TMB bisa pakai kartu

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami