Pertumbuhan penumpang di Bandara Adisutjipto lampaui prediksi

Pertumbuhan penumpang di Bandara Adisutjipto lampaui prediksi
PERISTIWA | 21 Juni 2018 02:00 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Jumlah penumpang saat libur Lebaran 2018 di Bandara Internasional Adisutjipto mengalami lonjakan. Lonjakan peningkatan penumpang di Bandara Internasional Adisutjipto ini bahkan melampaui prediksi.

Jumlah penumpang di Bandara Internasional Adisutjipto hingga H+3 Lebaran mengalami peningkatan hingga 11,6 persen. Angka ini melampaui prediksi nasional yang memprediksi jumlah penumpang akan meningkat menjadi 8 persen.

"Khusus Yogyakarta pertumbuhan lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional. Mencapai 11,6 persen dan diperkirakan akan terus bertambah hingga 15 persen pada H+8," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I, Faik Fahmi kepada wartawan di Bandara Adisutjipto, Rabu (20/6).

Faik mengatakan perhitungan prediksi jumlah penumpang dilakukan sejak H-8 Lebaran hingga H+8 Lebaran. Meskipun demikian, lanjut Faik, perhitungan penumpang di Bandara Internasional Adisutjipto sejak H-8 hingga H+3 mengalami lonjakan yang lebih tinggi.

"Ternyata H-8 hingga H+3 pertumbuhan (penumpang di Bandara Adisutjipto) lebih tinggi dari prediksi awal. Secara nasional jumlahnya 5,9 juta penumpang," terang Faik.

Communication and Legal Section Head Bandara Adisutjipto, Liza Anindya Rahmadiani mengatakan berdasarkan data Posko Angkutan Lebaran 2018 Bandara Adisutjipto, jumlah penumpang yang tiba di Bandara Adisutjipto terhitung dari H-8 hingga H+3 sebanyak 186.103 penumpang. Sedangkan penumpang yang berangkat dari Bandara Internasional Adisutjipto mencapai 147.590 penumpang.

"Total penumpang tiba dan berangkat hingga H+3 sebanyak 333.693 penumpang. Itu untuk semua penerbangan domestik dan internasional," kata Liza. (mdk/rzk)

Baca juga:
Mudik Lebaran, penumpang di Bandara Soekarno-Hatta capai 2,4 juta
Arus mudik jadi acuan kesiapan Bandara Soekarno-Hatta saat Asian Games
Wakapolri sebut arus balik Lebaran berlangsung kondusif
Hingga H+5 Lebaran, total 5,9 juta pemudik kembali lewat jalur udara
Berbagai strategi Kepolisian atur kenyamanan arus balik

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami