Pesan DPR buat Jenderal Moeldoko, jangan ada lagi kasus Cebongan

Pesan DPR buat Jenderal Moeldoko, jangan ada lagi kasus Cebongan
Letjen Moeldoko. ©unnes.ac.id
PERISTIWA | 31 Juli 2013 11:02 Reporter : Laurencius Simanjuntak

Merdeka.com - Komisi I DPR telah menerima surat dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) soal pencalonan Jenderal Moeldoko sebagai Panglima TNI. Rencananya, uji kepatutan dan kelayakan akan dilakukan pada 20 Agustus mendatang.

"Pada 15 Juli, DPR telah menerima surat usulan dari Presiden atas nama Jenderal TNI Moeldoko," ujar Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin, Rabu (31/7).

Menurut Hasanuddin, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, Moeldoko sudah memenuhi persyaratan sebagai calon Panglima TNI. Saat berpangkat Mayjen, Moeldoko sudah dua kali menjadi Panglima Kodam. Dan saat berbintang 3 menjabat sebagai Wagub Lemhanas dan Wakasad.

"Catatan publik yang cukup menarik dan mendapat soroton tajam saat itu adalah saat dia menjabat sebagai Pangdam Siliwangi. Saat itu Kodam terlibat dalam 'Operasi Sajadah' yang digelar Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyisir orang-orang Ahmadiyah," katanya.

Hasanuddin memberi catatan ada tugas penting yang harus dilakukan Moeldoko jika jadi Panglima TNI. Pertama meningkatkan disiplin TNI yang dianggap makin merosot dengan adanya kasus Cebongan dan perkelahian antar-TNI dengan Polri. Kedua meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan prajurit.

Selanjutnya yang ketiga, Moeldoko juga diminta meneruskan reorganisasi TNI melalui program minimum essensial force (MEF). Keempat, TNI harus menjaga netralitas tak ikut dalam politik praktis. Dan terakhir bisnis-bisnis anggota TNI harus ditertibkan.

"Dapat menyelesaikan perangkat-perangkat lunak TNI sesuai UU TNI antara lain menuntaskan soal bisnis TNI, peradilan umum untuk militer, hukum disiplin militer, doktrin-doktrin TNI yang sesuai dengan teknologi dan HAM, pembinaan karir," tandasnya. (mdk/did)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami