Pesan Jokowi untuk Warga Hadapi Masa Berat Pandemi Virus Corona

Pesan Jokowi untuk Warga Hadapi Masa Berat Pandemi Virus Corona
PERISTIWA | 10 April 2020 12:43 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan saat ini virus corona (Covid-19) telah melanda 290 negara, termasuk Indonesia. Jokowi mengakui bahwa pandemi corona merupakan masa-masa yang berat dan sulit bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

"Masa yang berat bagi kehidupan kita bahkan pandemi corona ini telah membawa kesedihan bagi sebagian orang dan kesulitan bagi banyak orang. Kita semua mengalami perubahan besar dalam kehidupan kita sehari-hari," ujar Jokowi dalam sebuah video dari Sekretariat Presiden, Jumat (10/4).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap tinggal di rumah. Menurut dia, dengan cara itu maka dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Dan artinya telah menyelamatkan banyak keluarga dari virus ini," ucapnya.

Jokowi mengajak agar masyarakat bersama-sama menangani wabah corona dengan bergotong royong dan bersatu padu. Dia menekankan bahwa ada banyak negara yang tengah mengatasi virus tersebut.

"Tetaplah bersabar, optimis, tetap disiplin berada di rumah, jaga jarak dalam berhubungan, berinteraksi dengan orang lain, hindari kerumunan, rajin mencuci tangan, pakailah masker saat keluar rumah," jelasnya.

Dia menyebut apabila masyarakat disiplin mengikuti kebijakan pemerintah maka akan segera kembali ke situasi normal. Masyarakat dapat bersilaturahmi dan bertemu dengan teman, kerabat, serta tetangga tanpa perlu khawatir tertular virus corona.

"Tapi untuk saat ini marilah kita tetap berada di rumah saja" kata Jokowi.

Dalam kesempatan ini, mantan Walikota Solo itu menyampaikan penghargaan sekaligus apresiasi kepada seluruh dokter, perawat dan tenaga medis yang telah berjuang di garis depan menangani pasien corona. Selain itu, juga kepada TNI, Polri, para relawan yang telah melaksanakan tugas di luar rumah untuk kita semua.

"Atas nama masyarakat dan negara saya memberikan penghargaan setinggi-tingginya karena apa yang bapak, ibu, dan saudara-saudara lakukan merupakan pengorbanan yang luar biasa" tutur dia.

Reporter: Lizsa Egeham (mdk/ray)

Baca juga:
Dilarang Angkut Penumpang, Ojek Online Minta Pemprov DKI Beri BLT Rp100.000 per Hari
Kemenag Minta Masyarakat Saling Dukung, Bukan Debat Ibadah di Tengah Corona
Kemenag: Semua Ibadah Ramadan Dilaksanakan di Rumah Saja
12 Warga Gowa Dinyatakan Sehat Usai Kontak dengan Prof Idrus, Pasien Positif Corona
Cerita Pengemudi Taksi Online, Pengajuan Keringanan Cicilan Ditolak Leasing

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami