Pesan Kapolri ke Kapolda Papua yang baru

PERISTIWA | 20 Agustus 2018 10:01 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memimpin serah terima jabatan (Sertijab) beberapa perwira tinggi seperti Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) dan enam Kapolda. Di antaranya, Kapolda Papua.

Sebelumnya, Kapolda Papua dipimpin oleh Irjen Boy Rafli Amar. Kini, ia diangkat sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri. Sementara itu, kursi kosong tersebut diisi Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat Kadiv Propam Polri.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memberikan pesan khusus kepada Irjen Martuani Sormin selaku Kapolda Papua yang baru.

Ia mengatakan, Kapolda Papua harus mampu berkerja keras mengatasi berbagai persoalan.

"Soal papua kita tahu di sana itu ada kelompok-kelompok bersenjata. Ada kelompok-kelompok separatis," ujar dia usai melakukan sertijab di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (20/8).

Tito menyarankan Kapolda Papua untuk lebih dekat dengan masyarakat. Ia meminta Irjen Martuani Sormin lebih sering mengunjungi gereja-gereja yang ada di Papua.

"Kapolda Papua kebetulan beragama nasrani. Saya minta rajin-rajin masuk gereja," ungkap dia.

Pergantian jabatan tersebut, berdasarkan Telegram rahasia (TR) nomor ST/2015/VIII/KEP/2018 dan ST/2014/VIII/KEP/2018 Tertanggal 13 Agustus 2018. TR tersebut berisi pergantian enam Kapolda yaitu Kapolda Papua, Kapolda Banten, Kapolda Lampung, Kapolda Kepri, Kapolda Riau, Kapolda Sumatera Utara, serta Kadiv Propam.

Dalam prosesi sertijab tersebut, para pejabat Polri itu langsung diambil sumpah jabatannya dan dilanjutkan penandatanganan surat serah terima jabatan dan fakta integritas.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat Kepolisian Republik Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar seluruh pejabat Polri tersebut mengucapkan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Kapolri Tito Karnavian lantik 6 Kapolda dan Kadiv Propam
Kapolri pimpin upacara Sertijab enam Kapolda di Mabes Polri
Promosi di tubuh Polri dinilai masih lompat pagar tabrak tatanan
Wakapolri Komjen Ari Dono pastikan polisi tak berat sebelah saat Pilpres
Momen pelantikan dan Sertijab Wakapolri dan Bareskrim di Mabes Polri
Perintah pertama Kapolri Jenderal Tito pada Kabareskrim Komjen Arief

(mdk/rzk)