Pesan Mendikbud jelang masuk sekolah : Kalau ada perpeloncoan saya sanksi!

PERISTIWA » MALANG | 15 Juli 2018 08:52 Reporter : Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Senin (16/7) besok, para siswa akan kembali masuk sekolah libur panjang. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mengimbau kepada para orang tua dan guru memperhatikan beberapa hal menjelang anak-anak kembali masuk sekolah.

"Saya mohon supaya orang tua menyiapkan apa saja yang diperlukan anak-anaknya memasuki tahun ajaran baru. Baik mereka yang baru pertama kali masuk sekolah maupun yang sudah masuk untuk ke jenjang lebih lanjut," kata Muhadjir Effendy di Kota Malang, Sabtu (14/7).

Muhadjir juga berpesan kepada para orang tua agar menjalin komunikasi dengan sekolah guna membangun suasana emosional dan kedekatan. Tidak sekadar diantar tetapi juga menyampaikan sesuatu yang harus diperhatikan tentang anaknya kepada sekolah.

"Syukur-syukur kalau bisa diantar ke sekolah, dititipkan secara eksplisit kepada para gurunya. Juga tolong diceritakan apa saja tentang anaknya yang harus diperhatikan, khusus yang berkaitan dengan anaknya, sehingga gurunya ngerti masing-masing kepribadian anak-anak yang diasuhnya," jelasnya.

Sementara kepada pihak sekolah, Muhadjir dengan tegas melarang melakukan kegiatan perpeloncoan. Kepala sekolah harus mengawasi dan bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan di lingkungan sekolah.

"Tidak boleh ada perpeloncoan, kalau ada perpeloncoan saya sanksi," tegasnya. (mdk/lia)

Baca juga:
Murid bunuh guru, Mendikbud minta sekolah maksimalkan bimbingan konseling
Mantan Mendikbud Daoed Joesoef tutup usia
Mendikbud selaraskan jam kerja guru dengan PNS jadi 40 jam per minggu
Kemendikbud gandeng TNI perkuat pendidikan karakter
Mendikbud minta SMK swasta tak bergantung pada negara
Muhadjir ngeluh banyak masalah di Dikbud: Dapat bantuan jangan ikut tambah masalah
Mendikbud harap UU Pemajuan Budaya merekatkan kebhinekaan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.