Pesan Moeldoko buat prajurit ke Sudan: Jangan bertindak primitif!

PERISTIWA | 18 Februari 2015 10:17 Reporter : Mohammad Yudha Prasetya

Merdeka.com - Panglima TNI Jenderal Dr. Moeldoko dalam pidato arahannya saat melepas 800 prajurit bergabung dengan UNAMID di Darfur, Sudan, mengingatkan pasukannya agar tidak melakukan tindakan amoral, pun melakukan pelanggaran kemiliteran lainnya selama bertugas.

Moeldoko mengategorikan tindakan-tindakan tersebut sebagai tindakan primitif yang tidak layak dilakukan seorang prajurit TNI.

"Hindari tindakan-tindakan primitif demi menjaga nama negara. Tidak ada prajurit TNI yang berlaku primitif di sana," kata Moeldoko di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (18/2).

Moeldoko berharap pasukannya bisa mengambil banyak pelajaran selama penugasan bersama pasukan PBB dari negara lain. Hal ini menurutnya sangat berguna sebagai referensi para prajurit TNI dalam menjalankan tugas-tugas komando di dunia internasional.

"Laksanakan koordinasi dengan satuan lainnya dari negara lain, agar kalian bisa memahami prajurit-prajurit dari mancanegara, sehingga kalian bisa mengembangkan referensi saat kembali ke Indonesia," tegas Moeldoko.

Diketahui, Dewan Keamanan PBB kembali meminta Indonesia dan TNI nya, untuk bergabung dalam misi kemanusiaan dan penjaga perdamaian PBB, mengatasi konflik horizontal di Darfur, Sudan.

Pasukan berjumlah 800 prajurit TNI dalam komando Satuan Tugas Batalyon Komposit (Satgas Yon Komposit) ini, dinamai Pasukan Kontingen Garuda (Konga) XXXV-A. Nantinya, mereka akan dikirim ke Darfur untuk bergabung dengan United Nations Mission In Darfur (UNAMID), sebagai pasukan pemelihara perdamaian PBB. (mdk/ian)

2 Prajurit TNI wanita ikut diterjunkan dalam misi PBB ke Sudan

800 Prajurit TNI bawa tank Anoa ke Sudan dalam misi perdamaian PBB

Pasukan Perdamaian TNI siap jika diminta PBB ke Palestina

Sekjen PBB tunjuk jenderal TNI jadi komandan pasukan di Sahara

Pasukan Garuda terima penghargaan Medali PBB

Prestasi Pasukan Garuda di Haiti sabet medali kehormatan PBB

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.