Pesan ST Burhanuddin untuk Laksda Anwar Saadi yang Dilantik Jadi Jampid Militer

Pesan ST Burhanuddin untuk Laksda Anwar Saadi yang Dilantik Jadi Jampid Militer
Jaksa Agung ST Burhanuddin di Pelantikan Jaksa Agung Muda Pidana Militer. ©2021 Istimewa
NEWS | 14 Juli 2021 17:32 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Jaksa Agung RI ST Burhanuddin telah remis melantik Laksamana Muda (Laksda) TNI Anwar Saadi sebagai Jaksa Agung Muda Pidana Militer (Jampidmil) di Menara Kartika Adhyaksa lantai 10, Kejaksaan Agung RI, Jakarta Selatan, Rabu (14/7).

"Pelantikan Jaksa Agung Muda Pidana Militer kali ini sangat istimewa dan bersejarah karena pada hari ini saya melantik Jaksa Agung Muda Pidana Militer yang pertama," kata Burhanuddin saat sambutannya.

Burhanuddin pun mengharapkan dengan posisi barunya Anwar mampu mendukung, menguatkan, dan melengkapi dalam upaya membangun Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum yang dapat memberikan pelayanan hukum secara profesional, bersih, transparan, akuntabel, dan berwibawa.

Selain itu, dia juga berpesan agar tidak pernah terjadi lagi dualisme kebijakan penuntutan yang cenderung akan menimbulkan disparitas pemidanaan terhadap jenis tindak pidana yang sama dan dilakukan pada obyek, waktu dan tempat yang sama.

"Serta mampu untuk menjawab problematika dari 2.726 perkara atau sekitar 23% dari total 12.017 perkara atas tindak pidana koneksitas yang selama ini belum diproses dan diadili melalui mekanisme koneksitas, sehingga penegakan hukum dapat dilaksanakan secara akuntabel, objektif dan berkeadilan serta sekaligus meneguhkan Jaksa Agung sebagai Penuntut Umum tertinggi," imbuhnya.

Selanjutnya Jaksa Agung menginstruksikan kepada seluruh jajaran Kejaksaan yang ditugaskan di bidang Pidana Militer yakni, pertama segera beradaptasi dengan tugas baru dan mitra baru saudara, segera melebur dan laksanakan tugas secara pro aktif dalam memberikan masukan sehingga dapat menghasilkan kebijakan yang dapat bermanfaat bagi pelaksanaan tugas di Bidang Pidana Militer.

"Kedua, Berperan aktif dalam menjalankan tugas dan memberikan masukan kepada Jampidmil guna meningkatkan sinergitas penanganan perkara di bidang Pidana Militer.
Dan ketiga Mengefektifkan dan mengefisienkan penyelesaian perkara koneksitas sehingga memberikan kepastian hukum," sebutnya.

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepada Laksda TNI Anwar Saadi yang dilaksanakan hari ini sebagaimana tertuang berdasarkan Surat Perintah Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor : PRIN-25/A/JA/07/2021 tanggal 07 Juli 2021.

Adapun dalam pelantikan ini turut dihadiri Ketua Komisi Kejaksaan Republik Indonesia Dr. Barita Simanjuntak, Wakil Jaksa Agung RI. Setia Untung Arimuladi, para Jaksa Agung Muda dan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI. serta para Staf Ahli Jaksa Agung Republik Indonesia.

Hadir pula secara daring (dalam jaringan) yang diikuti para Kepala Kejaksaan Tinggi, Kepala Kejaksaan Negeri dan Kepala Cabang Kejaksaan Negeri dari kantor masing-masing di seluruh Indonesia.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Jaksa Agung Muda Pidana Militer dilaksanakan secara terbatas dan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat sebagaimana aturan yang berlaku saat Pandemi Covid-19. (mdk/eko)

Baca juga:
Yosef Tjahjadjaja, Pembobol Bank Mandiri Rp120 Miliar Dibekuk Usai 15 Tahun Buron
Kejaksaan Investigasi Kelangkaan Obat untuk Pasien Covid-19 di Tangerang
Rabu, Jaksa Agung akan Lantik Jampidmil Laksda TNI Anwar Saidi
Mantan Wakil Jaksa Agung Mohamad Hasan Meninggal Dunia
Lima Kapal Sitaan Kasus Korupsi Asabri Berhasil Dilelang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami