Pesawat angkut barang pertama RI jadi koleksi tambahan Museum Dirgantara

PERISTIWA | 30 September 2017 14:31 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Sebuah pesawat dengan jenis C130 tipe B akan menjadi koleksi tambahan di Museum Dirgantara Mandala yang berada di Kompleks Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. Pesawat kepunyaan TNI AU ini adalah pesawat angkut barang berat pertama yang dimiliki oleh Indonesia.

Kepala Museum Pusat Dirgantara Mandala Yogyakarta, Dede Nasrudin menyampaikan pesawat jenis C130 ini merupakan buatan Amerika Serikat. Pesawat ini pertama kali mendarat di Indonesia dari Amerika Serikat pada tanggal 18 Maret 1960 di Bandara Kemayoran, Jakarta.

Dede menuturkan pesawat C130 diangkut dari Bandara Sulaiman, Bandung pada 22 September 2017 lalu. Pesawat ini diangkut melalui jalur darat. Tiba di Yogyakarta pada Jumat 29 September 2017.

"C130 sangat berjasa bagi bangsa Indonesia dan TNI AU. Ini pesawat pertama angkut berat dan berperan dalam operasi militer dalam pembebasan Irian Barat dan penanggulangan bencana baik dalam negeri maupun luar negeri," ujar Dede, Sabtu (30/9).

Dede mengatakan jika pesawat jenis C130 ini ada 8 unit di Indonesia. Satu pesawat, kata Dede, jam terbangnya sudah habis sehingga dibawa ke Museum Dirgantara Mandala. Sedangkan 7 pesawat lainnya masih beroperasi.

"Pesawat ini dikirim langsung dari Amerika untuk Indonesia. Pesawat C130 mampu membawa barang seberat 16 ton dan mengangkut 90 orang personel," ungkap Dede.

Dede menambahkan dalam perjalanan dari Bandung ke Yogyakarta, pesawat C130 yang diangkut lewat jalur darat ini banyak menarik perhatian warga. Warga, kata Dede, nampak antusias melihat pesawat ini melintas di jalan raya.

"Dari Bandung dikawal 10 orang. Pesawat ini C130 tipe B dengan serial number A1301 dan di sepanjang perjalanan mendapat sambutan hangat dan mendapat simpati masyarakat," ujarnya.

(mdk/rzk)