Pesawat Dabi Air Angkut Jenazah Serka Suhlan Ditembaki KKB

Pesawat Dabi Air Angkut Jenazah Serka Suhlan Ditembaki KKB
PERISTIWA | 18 September 2020 19:19 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan penembakan, kali ini yang ia tembaki adalah Pesawat Dabi Air PK DPG. Kejadian penembakan itu terjadi pada Jumat (18/9) sekitar pukul 08.30 Wit.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, penembakan yang dilakukan oleh KKB terhadap Pesawat Dabi Air PK DPG itu sebanyak dua kali yang berasa dari ujung Bandara Bilorai Kampung Bilogai dengan Jarak 300 Meter dari Runway 09.

"Pukul 08. 48 Wit, Pesawat kemudian mendarat di Bandara Bilorai, Kabupaten Intan Jaya guna melakukan pengecekan terhadap badan pesawat, namun tidak ditemukannya bekas atau tanda akibat terkena tembakan," kata Kamal dalam keterangannya, Jumat (18/9).

Setelah mengecek kondisi pesawat, kemudian dilakukan penyisiran disekitar lokasi selama 30 menit, namun tidak ditemukan tanda-tanda keberadaan KKB.

"Usai situasi dinilai aman, penerbangan kemudian dilanjutkan," ujarnya.

Kamal menjelaskan, penembakan yang dilakukan oleh KKB tersebut merupakan upaya dalam menghambat proses evakuasi jenazah Serka Suhlan dari Kabupaten Intan Jaya ke Kabupaten Nabire.

"Sebelum Pesawat Rimbun Air PK OTJ tiba di Bandara Bilorai untuk mengevakuasi almarhum Serka Sahlan, pada pukul 08.38 Wit telah terdengar bunyi tembakan sebanyak 2 kali terhadap Pesawat Dabi Air PK DPG dari ketinggian diperkirakan dari ujung Bandara Bilorai dengan jarak kurang lebih 300 Meter dari Runway, namun tidak mengenai badan Pesawat," jelasnya.

"Almarhum Serka Suhlan (mengalami luka tembak di lengan kiri dan 2 tebasan parang di bagian wajah). Identitas Crew Pesawat Dabi Air PK DPG, Rofliudin (Pilot) dan Obet Obaidilah (Co Pilot)," sambungnya.

Dengan adanya kejadian itu, TNI-Polri pun langsung melakukan pengejaran terhadap para pelaku penembakan tersebut.

"Personel masih melakukan pengamanan disekitar Kota Sugapa untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas," tutupnya. (mdk/rhm)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami