Ini penyebab pesawat latih TNI AU tergelincir di Lanud Adi Soemarmo

Ini penyebab pesawat latih TNI AU tergelincir di Lanud Adi Soemarmo
PERISTIWA | 2 Maret 2017 14:20 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Sebuah pesawat TNI Angkatan Udara (AU) jenis Grob mengalami insiden tergelincir di Bandara Adi Soemarmo Solo, Kamis (2/3) pagi. Dua awak yang menerbangkan pesawat tersebut yakni pelatih, Mayor Pnb Yulianto dan siswanya Letda Lek Handika Relangga Bima Yogatama selamat dan tak mengalami luka sedikitpun.

Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Adi Soemarmo, Kol Pnb Mohamad Tonny Harjono mengatakan, pesawat tergelincir saat melakukan pendaratan di runway 26.

"Jadi pesawat ini bukan jatuh tapi tergelincir saat latihan take off dan landing di runway 26. Saat melaksanakan latihan pattern atau take off dan landing kelima ada sedikit permasalahan di ban depan. Bannya terlipat sendiri, istilahnya nosewheel collapse," ujar Tonny kepada wartawan di Lanud Adi Soemarmo.

Tonny mengatakan, pesawat dengan lima bilah baling-baling (Propeller) tersebut saat ini dalam kondisi rusak ringan. Penyebab pasti kecelakaan masih dalam proses penyelidikan oleh tim dari Mabes TNI AU.

Danlanud juga meminta maaf kepada masyarakat atas penutupan sementara bandara. Hal tersebut harus dilakukan untuk proses evakuasi pesawat latih.

"Saat evakuasi ada banyak mobil yang lalu lalang di landasan. Jadi tidak boleh ada pesawat yang take off maupun landing. Kami minta maaf untuk ketidaknyamanan itu," ucapnya. (mdk/ded)

Baca juga:

Pesawat tergelincir di Bandara Adi Soemarmo, penerbangan ditutup

Bandara Adi Soemarmo kembali dibuka pasca-pesawat latih tergelincir

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami