Peserta Kampanye Angkat Keranda Mayat saat Jokowi Orasi di Solo

PERISTIWA | 9 April 2019 19:11 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo alias Jokowi berkampanye di kampung halamannya, Solo, Selasa (9/4). Tiba pukul 16.15 WIB, Jokowi yang didampingi istrinya, Iriana, disambut Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPP Puan Maharani dan petinggi partai koalisi lainnya.

Ada kejadian yang unik saat Jokowi melakukan orasi. Di depan panggung utama yang berjarak sekitar 10 meter, ada peserta kampanye yang mengangkat keranda mayat berwarna putih. Keranda tersebut bertuliskan 'kubur sara' di sisi lainnya 'kubur hoax'.

Melihat kejadian tersebut, Jokowi meminta para pendukungnya untuk menurunkan keranda. Selain mengganggu pandangan peserta kampanye lainnya, Jokowi mengatakan, materi yang disampaikan juga belum ada kaitannya dengan hoaks.

"Turunkan dulu, nanti diangkat lagi," katanya.

Namun setelah Jokowi selesai menyampaikan orasi tentang materi lainnya, pembawa keranda diminta mengangkatnya lagi. Terkait hoaks, Jokowi minta warga Solo agar jangan kaget jika ada informasi bohong.

"Kalau ada kabar bohong, kalau ada kabar fitnah, kita harus kubur yang namanya hoaks. Jangan sampai kena isu fitnah. Sekarang ini banyak sekali dari pintu ke pintu, melalui medsos," katanya.

Fitnah tersebut antara lain, akan dihapusnya pendidikan agama jika dirinya menang, dilegalkannya perkawinan sejenis, larangan adzan dan lainnya.

"Cawapresnya saja Ketua Majelis Ulama Indonesia, itu jelas tidak mungkin. Kita harus berani melawan hoaks, harus berani melawan berita bohong. Harus kita luruskan," katanya lagi.

Pada bagian lain Jokowi Juga kembali membanggakan sejumlah infrastruktur yang berhasil dibangun. Di antaranya jalan tol yang menghubungkan Kota Solo dengan Semarang, Jakarta dan Surabaya.

Sama dengan lokasi kampanye lainnya, Jokowi juga kembali membanggakan program 3 kartu sakti andalannya. Yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Sembako Murah dan Kartu Pra Kerja. (mdk/cob)

Baca juga:
Terungkap Hasil Survei Jokowi vs Prabowo di Wilayah Paling Banyak Pemilihnya
Sentilan-Sentilan Keras Jokowi Saat Orasi Kampanye
Reaksi Mengejutkan Sandiaga Uno Saat Mendadak Bertemu Pendukung Jokowi
Ekonom Nilai Kartu Pra Kerja Besutan Capres Jokowi Masih Belum Solid
Jokowi Targetkan Borong 90 Persen Suara di Solo
Ketum Golkar Nilai Jokowi Unggul dalam Membangun Industri

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.