Peserta Tes CPNS di Depok Ketahuan Bawa Jimat

PERISTIWA | 14 Februari 2020 17:49 Reporter : Nur Fauziah

Merdeka.com - Petugas menemukan ada salah satu peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) Depok yang membawa jimat. Petugas pun menyita benda itu. Jimat yang dibawa peserta CPNS itu berupa ikat pinggang yang dibalut kain merah. Jumat itu ditemukan petugas di kantong celana peserta tersebut.

"Ditemukan pada sesi pertama hari ini, satu peserta bawa isim (jimat), ditemukan di kantong celana pas saat masuk ke ruang tes. Waktu diperiksa pesertanya gelagapan karena takut enggak bisa masuk," kata petugas keamanan tes CPNS Jamil kepada wartawan, Depok, Jumat (14/2).

Benda itu didapat peserta tes dari keluarga. Benda itu diyakini oleh peserta tersebut sebagai pelancar pelaksanaan ujian. Petugas menyita benda itu saat pelaksanaan ujian. Setelah ujian selesai, petugas mengembalikan benda tersebut.

"Jimatnya sudah saya kasih lagi. Jimat itu saya amankan dan enggak berani buka, karena ngeri juga. Peserta tetap ikuti tesnya dan sudah pulang," tukasnya.

Jamil mengaku tidak tahu nama peserta yang membawa jimat tersebut. "Enggak nanya saya, cuma saya amankan dan kembalikan lagi ke pemilik. Itu juga saya enggak berani keluarkan jimat, takut," pungkasnya.

Tes CPNS Depok diikuti 5.196 orang. Dari jumlah tersebut hanya 356 orang yang akan menjadi PNS berdasarkan formasi penerima CPNS 2019.

"Ini tahap ujian seleksi CPNS 2019 yang dilanjutkan di 2020. Untuk formasi CPNS 2019," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Supian Suri. (mdk/cob)

Baca juga:
Bukan Jimat, Ini Kunci Sukses Seleksi CPNS Menurut Wali Kota Bandung
Tak Perlu Khawatir Gagal Lulus CPNS, Pemerintah Akan Kembali Buka Pendaftaran di 2020
Peserta Tes CPNS Nekat Bawa Jimat, dari Garam sampai Kemenyan
Kejadian Heboh Seputar CPNS 2019 Sejauh ini, Ada Peserta Kontraksi Saat Tes
Cegah Kecurangan, BKN Siapkan Alat Pendeteksi Jimat untuk Peserta CPNS
Molor Dari Target, Tes SKD CPNS 2019 Baru Akan Selesai Awal Maret 2020

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.