Petugas Damkar evakuasi buaya 4,5 meter di Cipayung

PERISTIWA | 9 Juli 2018 18:11 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Seekor buaya dievakuasi dari empang yang berada di kawasan Perum Griya Loka Residence, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur. Predator sepanjang 4,5 meter itu ditangani oleh petugas Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur.

Kasie Ops Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaiman menyampaikan, pihaknya menerima permintaan evakuasi buaya hari ini sekitar pukul 13.45 WIB.

"Iya (ada buaya). Evakuasi selesai sekitar pukul 17.00 WIB," tutur Gatot saat dihubungi Liputan6.com, Senin (9/7).

Menurut Gatot, buaya tersebut memang merupakan piaraan salah seorang warga sejak tahun 1990. Hanya saja, pemiliknya meninggal dan hewan berdarah dingin itu menjadi tidak terawat sehingga dikhawatirkan malah membahayakan bagi warga.

"Pemilik buaya sudah meninggal dan diurus oleh anaknya. Anaknya sudah tidak berani lagi memelihara buaya sehingga meminta kepada petugas untuk dievakuasi," jelas dia.

Petugas kemudian melakukan pengecekan lokasi dan menyedot debit air di empang tersebut. Evakuasi sendiri menggunakan jerat yang juga dibantu warga dan petugas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP).

"Pemindahan buaya dari TKP ke Museum Reptil TMII," Gatot menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana Putra
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
Jaring diangkat, pencarian buaya Grogol dihentikan sementara
Warga temukan buaya mati di kawasan Roxy Jakarta Barat
Anies imbau warga tak sebar kabar hoaks soal buaya di perairan DKI
4.150 Pasukan oranye dan Damkar dikerahkan cari buaya perairan DKI
Antusiasme warga tonton pencarian buaya di Kali Grogol
Sempat tertangkap, buaya di Kali Grogol lepas lagi


Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.