Petugas Medis RS Arun Lhokseumawe Dikarantina Usai PDP Corona Meninggal

Petugas Medis RS Arun Lhokseumawe Dikarantina Usai PDP Corona Meninggal
PERISTIWA | 26 Maret 2020 01:33 Reporter : Afif

Merdeka.com - Tenaga kesehatan di Rumah Sakit Arun, Lhokseumawe, Aceh dikarantina selama 14 hari di rumah. Ini dilakukan setelah seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA), Banda Aceh.

Pasien berinisial AA itu sebelum dirujuk ke RSUZA, Banda Aceh terlebih dahulu dirawat di RS Arun. Setiap tenaga kesehatan yang pernah bersentuhan dengan pasien tersebut dikarantina untuk mencegah terjangkit virus. Hingga saat ini hasil swab dari Litbangkes di Jakarta belum keluar.

Kepala Dinas Kesehatan Lhokseumawe, Said Alam membenarkan hal tersebut. Tenaga kesehatan yang dikarantina adalah mereka yang tidak menggunakan alat pelindung diri (APD) saat menangani pasien tersebut.

"Tenaga kesehatan yang tidak menggunakan alat pelindung diri (APD) yang dikarantina," kata Said Alam, Rabu (25/3) melalui sambungan telepon.

Secara prosedur, setiap tenaga kesehatan yang tidak menggunakan APD saat merawat PDP Covid-19 harus dikarantina. Apalagi, pasien yang dirawat tersebut sudah meninggal.

"Makanya mereka dikarantina, kita belum tahu apakah pasien yang meninggal itu positif atau negatif, karena hasilnya belum keluar," ucapnya.

Sementara itu Juru Bicara Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani mengaku hasil laboratorium belum keluar. Sehingga status pasien yang meninggal itu masih disebut dengan PDP.

"Kami belum mendapatkan hasil labnya," jelasnya.

Saifullah melanjutkan, meskipun hasil lab belum keluar namun prosedur menguburkan pasien tetap dilakukan sesuai dengan protap yang telah ditentukan.

"Tetap sesuai protap penanganan jenazah, meski masih PDP, tetapi diperlakukan seperti yang positif untuk mencegah," ucapnya. (mdk/noe)

Baca juga:
Mudik ke Purbalingga, Perantau dari Bogor Positif Covid-19
RI Dinilai Punya Cukup Dana Perangi Corona, Tak Perlu Berutang ke IMF dan Bank Dunia
Pasien Positif Covid-19 di RSUP Persahabatan Berkurang
Satu Lagi Pasien Dalam Pengawasan Corona Meninggal di Bogor
Orang Dekat Bupati Bogor Juga Diprioritaskan Rapid Test Corona
325 Orang Dirawat di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet
Aceh Ditetapkan Darurat Corona, Muncul Usul Berlakukan Jam Malam

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami