PGRI Protes 2 Guru Digunduli, Polda DIY Periksa Penanganan di Polres Sleman

PGRI Protes 2 Guru Digunduli, Polda DIY Periksa Penanganan di Polres Sleman
PERISTIWA | 26 Februari 2020 15:48 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) memprotes penanganan polisi kepada dua guru SMP Negeri 1 Turi, yang ditetapkan sebagai tersangka terakit insiden susur sungai. Salah satu yang dipersoalkan adalah rambut para guru tersebut yang dicukur gundul.

Protes tersebut sempat diunggah dalam akun twitter resminya, @PBPGRI_official. Pengurus Besar PGRI memertanyakan standar operasional penanganan yang dilakukan polisi terhadap kedua guru. Namun tidak lama kemudian admin menghapus twit tersebut dengan alasan untuk menjaga silang pendapat yang lebih luas.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto menerangkan akan melakukan pemeriksaan terhadap penyidik Polres Sleman yang menangani kasus tersebut.

Yuliyanto menerangkan Polda DIY telah mengirim personel Propam untuk menangani kasus tersebut. Yuliyanto menjabarkan pagi tadi, Rabu (26/2) pihak Propam Polda DIY sudah datang ke Polres Sleman.

"Menyikapi protes yang disampaikan oleh akun PGRI tentang tahanan yang gundul. Propam Polda dari tadi pagi sedang melakukan pemeriksaan di Polres Sleman untuk mengetahui pelanggaran yang dilakukan oleh anggota," ujar Yuliyanto dalam keterangannya.

Dari hasil pemeriksaan, Yuliyanto menerangkan nantinya akan diketahui apakah ada pelanggaran dalam prosedur penanganan. Apabila terbukti ada pelanggaran, Polda DIY akan mengambil tindakan.

"Jika nanti terbukti ada pelanggaran maka akan dilakukan tindakan kepada petugas yang menyalahi aturan," urai Yuliyanto.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, polisi menetapkan tiga tersangka atas insiden maut susur Sungai Sempor yang menewaskan 10 orang siswi SMP Negeri 1 Turi. Tiga tersangka ini adalah adalah pembina pramuka yang berinisial IYA yang merupakan guru pelajaran Olahraga, R yang merupakan guru pelajaran Kesenian dan DDS yang berprofesi swasta. (mdk/cob)

Baca juga:
Permintaan Maaf & Penjelasan Guru Pramuka Soal Insiden Susur Sungai Tewaskan 10 Siswa
Dapat Penghargaan, Pemacing yang Selamatkan Siswa Susur Sungai Berat Terima Hadiah
Tragedi Susur Sungai Sempor, DPR Minta Sekolah Tak Remehkan Kegiatan di Luar
Dua Pembina Pramuka SMP Negeri 1 Turi Jadi Tersangka, Total 3 Orang
Kisah Heroik Kodir, Pemancing yang Selamatkan Puluhan Siswa Tragedi Susur Sungai Turi
Tewaskan 10 Siswa, Ini 5 Fakta Kegiatan Susur Sungai Pramuka SMP di Turi Sleman

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami