Pidato di Sidang Umum PBB, Jokowi Minta Seluruh Negara Kerja Sama Menangani Covid-19

Pidato di Sidang Umum PBB, Jokowi Minta Seluruh Negara Kerja Sama Menangani Covid-19
PERISTIWA | 23 September 2020 07:43 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pertama kalinya berpidato dalam Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui siaran virtual. Jokowi menyoroti beberapa hal, salah satunya saat pandemi Covid-19 kurangnya kerja sama antar negara. Justru kata Jokowi tercipta rivalitas dan perpecahan antar negara semakin terlihat.

"Keprihatinan kita saat pandemi Covid-19, yang seharusnya kita bersatu padu bekerja sama melawan pandemi justru malah kita lihat jadinya perpecahan dan rivalitas yang semakin menajam," kata Jokowi saat berpidato di Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam siaran telekoference, Rabu (23/9).

Dia mengimbau seharusnya seluruh negara bekerja sama untuk bisa menumpas virus yang sudah memaparkan jutaan manusia. Serta melakukan pendekatan dan bisa saling menguntungkan.

"Padahal kita seharusnya bersatu padu selalu melakukan pendekan win-win pada hubungan antar negara yang saling menguntungkan," ungkap Jokowi.

Jokowi menjelaskan saat pandemi kali ini membuat semua sektor terhambat. Mulai dari kesehatan, sosial ekonomi. Tetapi hal tersebut bisa diselesaikan dengan bekerja sama.

"Virus ini tidak mengenal batas negar, no one is safe until everyone is," kata Jokowi.

Sebab itu Jokowi mengajak seluruh negara untuk berkerja sama. Dia mengatakan jika antar negara masih terjadi perpecahan dan rivalitas tidak menutup kemungkinan stabilitas dan perdamaian akan goyah.

"Jika perpecahan dan rivalitas terus terjadi maka saya khawatir pijakan bagi stabilitas dan perdamaian yang lestari akan goyah, atau bahkan akan sirna. Dunia yang damai, stabil, dan sejahtera semakin sulit diwujudkan," ungkap Jokowi. (mdk/gil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami