Pihak Jiexpo tegaskan gedung yang terbakar bukan di area pameran Jakarta Fair

PERISTIWA | 5 Juni 2018 22:36 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Marketing Director PT Jiexpo Kemayoran, Ralph Scheunemann menjelaskan bangunan yang terbakar di area Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara merupakan gedung yang sedang tahap pembangunan. Area tersebut merupakan gedung Convention terpisah dari lokasi festival Jakarta Fair.

"Memang tadi sore ada kejadian kebakaran di gedung yang sedang underconstruction yang sedang dalam masa pembangunan di samping gedung pusat niaga tidak termasuk di daerah kawasan yang sedang berlangsung sekarang Jakarta Fair," katanya saat jumpa pers di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (5/6).

"Itu area tersendiri dan sekitar jam lima terjadi di lantai paling atas di atap lantai tujuh itu terjadi persis kejadiannya sedang diperiksa ada tim yang memeriksa dari kepolisian," tambahnya.

Ralph juga menegaskan bahwa berita yang tersebar di media sosial bahwa arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) tidak benar. Dari pantauan di lokasi, memang area yang terbakar berbeda gedung. Hanya gedungnya bersebelahan persis dengan arena PRJ.

Dia juga menambahkan, yang terbakar tersebut bukan arena ballroom. Ralph juga sudah berkomunikasi dengan pihak Inasgoc dan lokasi kebakaran berbeda untuk keperluan Asian Games. Sampai saat ini kondisi aman terkendali.

"Untuk informasi bahwa arena PRJ kebakaran itu tidak benar karena itu bukan arena PRJ, itu di depan sebelah kiri. kalo anda lihat itu masih ditutup seng warna biru karena belum dipake arena itu baru akan di pake paling cepat agustus untuk Asian Games dan kita juga sudah nelaskan kepada pihak Inasgoc tidak ada pengaruhnya," terangnya.

"Yang dipakai untuk asian games tidak terbakar sekalipun yang dipake balroom dan lantai tiga untuk Asian Games. Itu di lantai atas (yang terbakar) roof top," tambahnya.

Hingga saat ini, aktivitas kawasan PRJ berlangsung normal. Ralph mengapresiasi pihak pemadam kebakaran dan kepolisian yang cepat tanggap mengevakuasi. Dia juga membenarkan pada kebakaran tadi ada empat orang terjebak di lantai 7 yang merupakan karyawannya dan sudah di evakuasi.

"Yang penting semua berjalan dengan baik evakuasi berjalan dengan baik tim pemadam kebakaran dengan sangat cepat datang sehingga masalahnya bisa segera diatasi," tandasnya.

Sementara saat ini, sumber api masih dalam tahap investigasi dari tim labfor kepolisian dan juga tim pemadam kebakaran.

Baca juga:
20 Mobil pemadam jinakkan api di PRJ Kemayoran
Korban terjebak kebakaran di Gedung Niaga PRJ sudah dievakuasi
Lokasi kebakaran PRJ Kemayoran gedung kosong & dalam pengerjaan
Gedung di PRJ Kemayoran terbakar, ada korban terjebak
Kebakaran gedung di PRJ Kemayoran, 18 unit damkar diterjunkan ke lokasi
Gedung Starvision terbakar, lima orang terjebak dan alami luka

(mdk/ded)