Pihak Vanessa Angel dan Muncikari Tuding Banyak Kejanggalan atas Sosok Rian Subroto

PERISTIWA | 9 Mei 2019 19:52 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Penyidik Kepolisian yang melakukan pemeriksaan terhadap Rian Subroto, pria yang disebut dalam dakwaan sebagai penyewa Vanessa Angel dalam kasus prostitusi online ini dianggap tidak banyak mengetahui sosok Rian.

Pengacara muncikari Endang Suhartini, Franky Desima Waruwu memastikan, apa yang disampaikan oleh penyidik banyak tidak tahunya. Sehingga, apa yang menjadi substansi persidangan kali ini dianggapnya tidak terjawab.

"Saksi verbalisan (penyidik) tidak bisa menjawab subtansi dari persidangan ini sendiri. Ia tidak bisa menjawab secara detail, dimana alamat maupun identitas Rian Subroto. Padahal, dia adalah penyidik pemeriksa Rian, ini kan aneh," ujarnya, Kamis (9/5).

Ia menambahkan, kejanggalan lain terkait dengan tanda tangan Rian dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Dalam setiap BAP para terdakwa, terdapat tanda tangan Rian. Uniknya, tanda tangan tersebut tidak memiliki kesamaan. "Saat ditunjukkan soal itu (tandatangan) dia tidak bisa menjawab," tukasnya.

Hal senada disampaikan oleh kuasa hukum Vanessa Angel, Milano Lubis. Ia menyatakan, keterangan penyidik pemeriksa soal Rian dianggap bohong. Ia bahkan menyebut penyidik telah memberikan keterangan palsu di bawah sumpah.

"Harusnya tadi hakim sudah dapat menetapkan bahwa ia (penyidik) telah memberikan keterangan palsu," tandasnya.

Mengapa demikian, Milano menjelaskan, penyidik memberikan keterangan yang janggal soal KTP Rian. Penyidik, kata Milano, mengaku jika KTP Rian dibawa oleh Dhani. Sedangkan Dhani sendiri berstatus DPO.

"Jadi gimana pemeriksaan tidak ada identitas, masak ga ada identitas percaya saja, boleh pulang boleh apa...itu menurut kita keteledoran dari Polda Jatim. Mustinya ada dong, apa sih susahnya DPO Rian kalau ia pernah diperiksa. Dimana-mana kalau diperiksa itu pasti difoto loh. Saksi atau apa, Vanessa saja dari awal difoto di video. Hari ini penyidik memberikan keterangan palsu," ungkapnya.

Sementara itu, usai sidang, Ipda Dedhi Chrisdianto Panit II Subdit Cyber Ditreskrimsus Polda Jatim, menolak banyak berkomentar terkait dengan kesaksiannya di persidangan. Ia hanya menunjuk, jika nantinya atasannya saja menjelaskan. "Pimpinan saja ya menjelaskan," ujarnya menolak komentar.

Didesak mengenai sosok Rian, ia enggan banyak menjelaskan. Namun, ia memastikan pernah memeriksa Rian dalam kasus tersebut. Namun, saat ditanya mengapa hingga kini identitas Rian masih simpang siur, ia kembali menolak menjawab. "Rian, ada. Nanti biar pimpinan saja yang menjelaskan," tegasnya.

Sebelumnya, agenda persidangan kali ini dijadwalkan meminta keterangan penyidik verbalism, yang pernah melakukan pemeriksaan terhadap Rian. Diharapkan, dari penyidik ini lah teka-teki sosok Rian dapat terbongkar.

Baca juga:
Kunjungi Vanessa, Sang Ayah Bawa Kado Mukena
Sidang Lanjutan Vanessa Angel, Penyidik Periksa Rian Subroto Bersaksi
Pengacara Vanessa Kumpulkan Bukti Laporkan Anggota Polda Jatim ke Mabes Polri
Keberatan Dakwaan Vanessa Angel Ditolak Hakim, Sidang Jalan Terus
Vanessa Angel Menangis Ingat Almarhum Ibu dan Puasa di Penjara
Ungkap Sosok Rian Subroto, Pengacara Vanessa Minta Hakim Periksa Penyidik Polda Jatim
Pengacara Vanessa Angel Yakin Nama Rian Subroto Fiktif

(mdk/ded)