Pilgub DKI, Polri patroli skala besar dan buat pengamanan berlapis

PERISTIWA | 17 April 2017 16:07 Reporter : Juven Martua Sitompul

Merdeka.com - Kepolisian Negara Republik Indonesia akan melakukan pengamanan berlapis untuk mengawal jalannya Pilgub DKI Jakarta. Satuan petugas Polri akan dikerahkan ke semua titik-titik di Jakarta.

"Jakarta ini akan diamankan berlapis-lapis, hampir di seluruh sudut kota, semua titik-titik baik itu perbatasan kota Jakarta dengan tetangga, tiap-tiap kecamatan, ada kegiatan patroli yang sifatnya skala besar," kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di Komplek Mabes Polri, Jakarta, Senin (17/4).

Tak tanggung-tanggung, sekitar 66 ribu personel gabungan Polri-TNI pun telah disiapkan untuk mengamankan Pilgub DKI. 66 ribu personel gabungan itu akan disebar ke seluruh TPS dan titik-titik rawan terjadinya konflik.

"Sekarang ini, satu polisi satu TPS. Ada satu TNI juga plus dua linmas," ujar dia.

Diklaim Boy, pola pengamanan ini berbeda dari pola pengamanan Pilgub DKI putaran pertama. Hal itu dilakukan untuk mencegah potensi-potensi yang tidak diinginkan.

"Jumlah personelnya itu setingkat satu regu, itu secara mobile akan melakukan pengamanan di luar dari petugas yang juga ada di TPS," ujar Boy.

Di sisi lain, jenderal bintang dua ini pun meminta masyarakat khususnya warga DKI menjaga suasana yang kondusif. Dia mengimbau seluruh warga DKI tidak melakukan hal-hal yang mengganggu jalannya demokrasi.

"Sekali lagi dengan hormat kepada masyarakat tolong lakukan kegiatan yang biasa, jangan melakukan kegiatan-kegiatan yang mengganggu proses jalannya pilkada," pungkas Boy. (mdk/eko)

Baca juga:

KPU DKI serahkan laporan dana kampanye cagub-cawagub ke akuntan

Kata Anies-Sandi Pilgub DKI jadikan ajang taruhan

Meski dicurangi, Anies-Sandi yakin menang Pilgub DKI

Ahok: Saya paling tidak suka bagi-bagi sembako

Menteri Puan yakin Ahok-Djarot kembali terpilih pimpin Jakarta

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.