Pimpin Rapat Kebencanaan, Wapres Ma'ruf Amin Bahas Rekonstruksi Palu dan Lombok

PERISTIWA | 14 November 2019 15:41 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menggelar rapat perdana terkait kebencanaan membahas rehabilitasi dan rekonstruksi provinsi Sulawesi Tengah dan Nusa Tenggara Barat, di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (14/11).

Rapat tersebut dihadiri Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Sosial Juliari Batubara, Kepala BNPB Doni Monardo, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Dia mengatakan, rapat perdana tersebut adalah bagian dari pindah tugas dari Wakil Presiden ke-12 Jusuf Kalla terkait penanganan kebencanaan.

"Karena saya ini kata Pak JK ada arahan yang di carry over tugas-tugasnya akan salah satu soal penanggulangan bencana," kata Ma'ruf saat membuka rapat.

1 dari 1 halaman

Bahas Kondisi Lombok dan Palu

Dalam rapat tersebut juga akan membahas bagaimana keadaan Lombok setelah dilanda gempa pada 2018 lalu.

"Terakhir kita belum tahu persis di Maluku. Karena itu pada hari ini sebenarnya apa yang terjadi, apa yang sudah selesai dan kalau belum selesai hambatannya di mana," kata Ma'ruf.

Ma'ruf juga ingin mendengarkan hasil dari kelanjutan penanganan pengungsian, pembangunan tetap hingga tata ruangan wilayah di daerah terdampak bencana. Tidak hanya para menteri, dalam rapat tersebut juga dihadiri Gubernur provinsi Sulawesi Tengah Longki Djanggola dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah. (mdk/gil)

Baca juga:
BNPB Catat 3.089 Bencana Terjadi dari Januari Hingga Oktober 2019
Kerusakan dan Kepanikan Warga Filipina Saat Diguncang Gempa
Menengok Kondisi Pengungsi Korban Topan Hagibis Jepang
Kerusakan Parah Usai Topan Hagibis Melanda Jepang
Topan Hagibis Hantam Jepang, 11 Tewas
BNPB: Pemda Diwajibkan Susun Rencana Penanggulangan Bencana
Warga Jepang Mulai Bersih-Bersih Sisa Banjir Akibat Topan Hagibis