Pimpinan Komisi I DPR Minta Kemenlu Bantu Evakuasi 12 Mahasiswa Aceh di Wuhan

Pimpinan Komisi I DPR Minta Kemenlu Bantu Evakuasi 12 Mahasiswa Aceh di Wuhan
Wakil Ketua Komisi I DPR RI Teuku Riefky Harsya sambangi Kemenlu. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 28 Januari 2020 11:08 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Teuku Riefky Harsya didampingi Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri menyambangi kantor Kementerian Luar Negeri. Dia meminta pemerintah terus berkomunikasi dan mengupayakan evakuasi 243 WNI, termasuk 12 mahasiswa Aceh yang terisolasi di Wuhan, Ibu Kota Provinsi Hubei.

Wuhan menjadi kota awal kemunculan virus corona yang kini tengah merebak. Data terbaru, 106 orang dilaporkan meninggal akibat virus tersebut.

Pertemuan itu juga dihadiri perwakilan dari Badan Penghubung Pemerintah Aceh Jakarta dan Ikatan Mahasiswa Pasca Sarjana (IMPAS) Aceh Jakarta, Muntasir Ramli.

"Kami meminta Kemenlu dan KBRI terus berkomunikasi setiap hari untuk memastikan kondisi kesehatan, kebutuhan logistik dan mengupayakan evakuasi 243 WNI di provinsi yang diisolasi, termasuk 12 Mahasiswa Aceh yang ada di Kota Wuhan," kata Riefky melalui siaran persnya, Selasa (28/1).

Kadis Sosial Aceh Alhudri juga melaporkan langkah-langkah strategis yang telah dilakukan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam mengevakuasi mahasiswa Aceh di Wuhan. Salah satunya mengirimkan bantuan kepada para mahasiswa tersebut.

"Pemerintah Aceh telah mengambil langkah-langkah strategis serta preventif dengan membuka posko penanganan virus corona di dua tempat, di Kantor Dinas Sosial Aceh dan Kantor Badan Penghubung Pemerintah Aceh di Jakarta. Kami juga telah berkomunikasi dengan Kemenlu dan perwakilan mahasiswa asal Aceh secara intensif serta telah mengirim bantuan dana tahap pertama untuk keperluan logistik mereka," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Cara Antisipasi Virus Corona...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami